Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

MCW Anggap Penyelenggaraan Anggaran Publik Minim Partisipasi Masyarakat di Pemkot Batu

Malang Corruption Watch (MCW) menyoroti pengelolaan anggaran publik di Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

suryamalang.com

SURYAMALANG.COM, BATU – Malang Corruption Watch (MCW) menyoroti pengelolaan anggaran publik di Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

MCW menilai, penyelenggaraan anggaran publik dilakukan secara tertutup, diam-diam dan minim partisipasi publik di Pemkot Batu.

Dalam keterangan resminya yang berjudul Anggaran Publik, ya Milik Publik, MCW menuliskan adanya potensi tindak pidana korupsi jika penyelenggaraan dilakukan tanpa partisipasi publik.

Janwan Tarigan dari Unit Riset MCW dalam keterangan tertulisnya menyebut sejarah kelam jejak korupsi di Kota Batu berpotensi terulang jika tidak ada pembenahan serius dari Pemkot Batu terkait keterlibatan publik.

Inisiatif informasi public (open data) Pemkot Batu sebagai penyelenggara pemerintahan berperan penting meningkatkan partisipasi publik guna mencegah praktik korupsi.

"Peranan anggaran publik begitu strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Batu. Kualitas pengelolaan anggaran menentukan sukses tidaknya pembangunan daerah, selain itu, prioritas sektor anggaran juga membuat publik tahu apakah pemerintah mengutamakan kepentingan publik atau kepentingan pribadi dan golongan," ujarnya, Minggu (6/9/2020).

Pemkot Batu memiliki tanggung jawab moral dan hukum untuk mengedukasi publik tentang anggaran.

Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, menegaskan ada 3 pilar tata Pengelolaan Keuangan Daerah yang baik, yaitu transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif.

Di awal tahun lalu dilakukan perubahan besar pada postur Anggaran Pendapatan Belanja dan Daerah (APBD) guna penanganan Covid-19, sehingga dibutuhkan penyesuaian baik sektor pendapatan maupun belanja.

Pada Agustus hingga awal September 2020, dilaksanakan Perubahan APBD Kota Batu Tahun Anggaran 2020. MCW menemukan berbagai permasalahan pengelolaan anggaran publik di Kota Batu pada 2020.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved