Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Awas! Denda Rp 100 Ribu Segera Diterapkan di Kota Malang Bagi Masyarakat Tidak Bermasker

Dalam penegakan disiplin protokol kesehatan itu, Pemkot Malang bakal memberikan sanksi sosial dan sanksi administrasi berupa denda senilai Rp 100 Ribu

SURYAMALANG.COM/Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Wali Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang bersama Forkopimda Kota Malang yang meliputi TNI/Polri Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan DPRD Kota Malang saat menggelar rapat koordinasi 'Teknis pelaksanaan operasi yustisi protokol kesehatan' di ruang sidang Balaikota Malang, Senin (14/9/2020). 

Penulis : M Rifky Edgar H , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan menjadi pembahasan Pemerintah Kota Malang guna menekan penyebaran Covid-19 di Kota Malang.

Salah satunya ialah menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Dalam penegakan disiplin protokol kesehatan itu, Pemkot Malang bakal memberikan sanksi sosial dan sanksi administrasi berupa denda senilai Rp 100 Ribu kepada masyarakat.

Rencananya, denda tersebut bakal segera diterapkan di Kota Malang sembari menunggu surat tugas dari Provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut setelah Wali Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang bersama Forkopimda Kota Malang yang meliputi TNI/Polri Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan DPRD Kota Malang menggelar rapat koordinasi 'Teknis pelaksanaan operasi yustisi protokol kesehatan' di ruang sidang Balaikota Malang, Senin (14/9/2020).

"Rakor ini menindaklanjuti Inpres Nomor 6 2020. Agar nantinya semua penegakan bisa berjalan efektif. Termasuk adanya sanksi dan sidang tipiring, sehingga kami mengundang Kajari dan Kepala PN Malang," ucap Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, sesuai dengan Perwali Nomor 30 Tahun 2020, sanksi denda yang akan diterapkan bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker senilai Rp 100 Ribu.

Akan tetapi, denda tersebut belum bisa diterapkan karena adanya Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 dari Pemprov Jatim dan Pergub Nomor 53 Tahun 2020.

Untuk itu, Pemkot Malang saat ini sedang meminta surat tugas ke Pemprov Jatim agar segera bisa menerapkan sanksi tersebut kepada masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved