Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Dosen dan Mahasiswa UM Beri Pelatihan ke Pustakawan Desa Sumbersekar Dau, Ini Tujuannya

Dosen dan mahasiswa UM memberikan pelatihan kepada 10 pustakawan Perpustakaan Cahaya Dunia di Desa Sumbersekar, Dau, Kabupaten Malang

UM
Dosen dan mahasiswa UM memberikan pelatihan kepada 10 pustakawan Perpustakaan Cahaya Dunia di Desa Sumbersekar, Dau, Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) memberikan pelatihan kepada 10 pustakawan Perpustakaan Cahaya Dunia di Desa Sumbersekar, Dau, Kabupaten Malang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan literasi warga desa.

Kegiatan ini merupakan pengabdian mahasiswa yang berjudul ‘Pelatihan Inovasi Pengelolaan Perpustakaan Desa di Desa Sumbersekar Dau untuk Meningkatkan Literasi Warga Sekitar’ dan didanai didanai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UM. Mereka dibimbing oleh Moh Safii SKom MHum dan diketuai Aldy Bagaskara, sedang anggotanya Finda Imalasari, Meirisa Anggraeni dan Moch Nanda Indra Lexmana.

"Literasi mempengaruhi taraf hidup masyarakat. Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini diharapkan secara tidak langsung dapat memengaruhi taraf hidup masyarakat Desa Sumbersekar Dau," jelas Aldy dalam rilis yang dikirim ke suryamalang.com, Senin (14/9/2020).

Mereka melaksanakan pelatihan mulai Juli sampai dengan November 2020.

Untuk itu dilakukan tatap muka setiap seminggu sekali bertempat di Aula Kantor Desa Sumbersekar Dau.

"Harapannya, perpustakaan sebagai lembaga informasi dapat memberikan inovasi-inovasi dalam pelayanannya pada masyarakat," sambungnya.

Untuk itu, pustakawan diberikan pelatihan yang bersifat inovatif dalam mengembangkan perpustakaan sendiri maupun meningkatkan literasi masyarakat sekitar, seperti cara meningkatkan pengunjung perpustakaan dengan pendekatan sosiokultural.

Winarti, salah satu pustakawan Perpustakaan Cahaya Dunia, mengaku kegiatan yang dilakukan ini sangat diperlukan.

"Seperti dapat menyadarkan pentingnya membaca di masyarakat sini,” ujar Winarti.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved