Breaking News:

Berita Bondowoso Hari Ini

Gali Sumur Sesuai Petunjuk Mimpi, Warga Bondowoso Temukan Keramik dari Era Dinasti Yuan Abad 13

Benda-benda temuan antara lain, batu bata merah dengan corak garis melengkung dan lurus, fragmen porselen (keramik) bermacam warna dan kerangka tulang

SURYAMALANG.COM/Danendra Kusuma
Lokasi sumur yang digali Abdul Ghani untuk mencari sumber air berada tepat di samping kanan rumahnya di Desa Alas Sumur, Pujer, Bondowoso , Rabu (16/9/2020). Dari dalam sumur itu ia menemukan beberapa macam benda kuno 

Penulis : Danendra Kusuma , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, BONDOWOSO - Abdul Ghani Warga Desa Alas Sumur, Pujer, Bondowoso menemukan sejumlah benda kuno di dalam sumur yang ia gali di samping kanan rumahnya, Rabu (16/9/2020).

Benda-benda tersebut antara lain, batu bata merah dengan corak garis melengkung dan lurus, fragmen porselen (keramik) bermacam warna yang kemudian disebut berasal dari Dinasti Yuan di abad 12-13, adapula keranga tulang.

Abdul menceritakan, sebelum menemukan benda-benda kuno itu, ia mencari sumber air untuk keperluan sehari-hari.

Lokasi penggalian sumur itu ternyata berdasarkan petunjuk dari mimpi istrinya.

"Memang saya sudah berencana menggali sumur. Saya menggali Senin (31/8/2020). Tetapi Minggu malam (30/8/2020), istri saya diberi tahu oleh sesosok pria dalam mimpi lokasi sumber air berada di samping kanan rumah. Saya pun menggali di lokasi sesuai mimpi istri," katanya, Rabu (16/9/2020).

Ia pun, menggali tanah berdiameter sekitar 40 cm di samping kanan rumah untuk dibikin sumur dengan alat sederhana.

Perlahan, dia pun menggali tanah dengan linggis dan pacul kecil.

Setelah, Abdul menggali tanah hingga kedalaman 5 meter, siapa sangka dirinya justru mendapati benda kuno di dinding tanah galian.

Abdul menyebutkan, benda kuno itu tak ditemukan di satu titik saja. Sebab, posisi benda kuno itu berada pada sebuah lapisan tanah.

Halaman
123
Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved