Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Mahasiswa FTP UB Ajarkan Pembuatan Beras Analog Dari Limbah Kulit Apel

Limbah kulit apel bisa dimanfaatkan sebagai beras analog dan diberi nama BENKAP (Beras Analog Kulit Apel).

Contoh kemasan beras analog dari kulit apel. Mahasiswa FTP Universitas Brawijaya memberi solusi bagaimana memanfaatkan limbah kulit apel sebagai beras analog. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Limbah kulit apel bisa dimanfaatkan sebagai beras analog dan diberi nama BENKAP (Beras Analog Kulit Apel).

Untuk itu, sejumlah mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya memberdayakan PKK di Desa Tulungrejo, Kota Batu agar bisa memanfaatkan limbah kulit apel.

Di desa itu dikenal sebagai sentra UMKM keripik apel. Masyarakat banyak yang bekerja di sektor itu atau menjadi buruh pengupas kulit apel.

Produksi keripik apel yang meningkat ini menjadikan limbahnya cukup bayak. Sehari bisa memghasilkan 40 Kg.

Selama ini, limbah kulit apel dibuah pakan hewan ternak dan sisanya dibuang. Jika limbah terbuang cukup banyak, maka akan memberi dampak pada lingkungan dan kesehatan warga desa.

Dalam kulit apel memiliki banyak kandungan untuk dijadikan olahan produk yang ekonomis dan bermanfaat.

"BENKAP merupakan program yang solutif dengan memberdayakan unsur masyarakat dalam menangani permasalahan limbah organik di Desa Tulungrejo, Batu."

"Selain itu, tim juga telah menggagas produk turunan dari BENKAP yaitu berupa pupuk organik cair (POC) dari apel reject dan tepung kulit apel sebagai pengembangan dari keberlanjutan program kami," tutur Koordinator TIM BENKAP M Mukasyafatul Asror, Jumat (18/9/2020).

Alasan melakukan kegiatan ini karena rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai pengolahan kulit apel. Sehingga masyarakat tidak mengetahui manfaat kulit apel dengan baik.

Tim yang memberika pelatihan BENKAP yaitu Mukasyafatul Asror , Arva Saktia Zulemita , Esthy Dwi Anggraeni, Erni Wahyu Wijayanti, Husna Atikah dan Rizal Nur Alfian.

Halaman
12
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved