Virus Corona di Kota Batu

UPDATE Virus Corona di Batu 18 September 2020, Hari Ini Ada 37 Pasien Positif Baru

Kota Batu mencatat kenaikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga 37 pasien dalam satu hari per Jumat (18/9/2020)

Penulis: Benni Indo | Editor: isy
benni indo/suryamalang.com
Suasana Pondok Pesantren Al Izzah Putra Kota Batu beberapa waktu lalu setelah adanya satu santri positif Covid-19 dan kini telah sembuh dari corona. 

SURYAMALANG.COM | BATU – Kota Batu mencatat kenaikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga 37 pasien dalam satu hari per Jumat (18/9/2020). Dari kasus tersebut, 31 di antaranya tercatat bersumber dari Pondok Al Izzah atau Al Izzah International Islamic Boarding School.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M Chori melalui rilis resmi yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Batu menjelaskan, ada 31 orang di Al Izzah tanpa gejala.

“Hingga 13 september 2020, terdapat 748 orang santri, pegawai dan pengelola ponpes yang dilakukan pengambilan tes usap. Dari 748 orang yang tes, didapatkan hasil 31 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini 31 orang yang dinyatakan positif Covid-19, dalam kondisi tidak bergejala dan telah dilakukan isolasi secara mandiri di fasilitas pondok pesantren Al Izzah,” ujar Chori, Jumat (18/9/2020).

Orang-orang yang positif di Al Izzah berada di bawah pengawasan intensif dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kota Batu dan rumah sakit rujukan.

Kasus pondok Al Izzah positif Covid-19 pertama kali terkonfirmasi pada tanggal 23 agustus 2020, usia 14 tahun.

Santri tersebut melaksanakan tes usap mandiri dan dirawat di National Hospital Surabaya.

Pasien dinyatakan sembuh pada 28 Agustus 2020.

“Karena adanya santri yang terkonfirmasi positif Covid-19, pihak ponpes melaporkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu pada 30 Agustus 2020,” tulis keterangan resmi dari M Chori.

Sebagai tindak lanjut laporan tersebut, Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan Kota Batu melaksanakan pelacakan kasus ke Pondok Al Izzah pada 31 agustus 2020.

Disebabkan pertimbangan waktu pelaporan yang sudah cukup lama dari tanggal kasus terkonfirmasi, maka diputuskan untuk melaksanakan tes PCR pada seluruh santri dan pengelola Pondok Al Izzah.

“Pengambilan sampel swab dilaksanakan mulai tanggal 31 agustus – 13 september 2020, melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Puskesmas dan RS di Kota Batu,” urainya.

Tes dilakukan kepada seluruh santri dan pengelola yang termasuk kategori kontak erat dengan kasus konfirm.

Seluruhnya juga telah menjalani karantina mandiri di lokasi yang terpisah dengan kasus konfirm.

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk kerjasama dan dukungan lintas sektor terkait, termasuk TNI/Polri yang telah bekerja keras menciptakan situasi kondusif selama penanganan Covid-19 di Kota Batu,” tutup Chori.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved