Breaking News:

Berita Tuban Hari Ini

Perbaikan Jalan Rusak Sempat Tertunda Karena Corona, Begini Penjelasan Bupati Tuban

Bupati Tuban, H Fathul Huda, meninjau kondisi jalan poros desa dan kecamatan di wilayah Kecamatan Soko dan Parengan.

Penulis: Mochamad Sudarsono | Editor: isy
mochamad sudarsono/suryamalang.com
Bupati Tuban, H Fathul Huda, didampingi pejabat terkait saat mengecek jalan rusak di wilayah Soko. 

SURYAMALANG.COM | TUBAN - Bupati Tuban, H Fathul Huda, meninjau kondisi jalan poros desa dan kecamatan di wilayah Kecamatan Soko dan Parengan. Kedua jalan poros yang menjadi tanggung jawab dari Pemkab Tuban tersebut perlu diperbaiki di beberapa titik karena rusak.

Perbaikan yang dijadwalkan pada tahun anggaran 2020 sempat tertunda, karena anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19. Bupati mengatakan, pihaknya turun ke lapangan untuk mengecek kondisi jalan yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten.

Tujuannya jika ada kerusakan jalan bisa segera diperbaiki agar tidak membahayakan masyarakat, yang bisa menyebabkan celakanya seseorang.

"Jangan sampai warga kecelakaan akibat jalan yang rusak," ujar Bupati Huda saat ditemui di lokasi peninjauan di wilayah Soko, Rabu (23/9/2020). 

Orang nomor satu di Tuban itu menginstruksikan, agar seluruh Camat memperhatikan dan mendata kondisi jalan di wilayahnya.

Masyarakat juga dapat melaporkan ke Camat atau dinas terkait, jika menemukan jalan yang rusak.

"Di sini peran camat penting, jika tidak dijalankan maka akan disanksi," sambungnya.

Perbaikan dan perawatan jalan yang rusak sempat terhenti, karena anggaran pemeliharaan dialihkan atau dialokasikan untuk penanganan Covid-19.

Saat ini anggaran tersebut telah dikembalikan melalui P-APBD 2020 maka harus segera dilakukan perbaikan.

"Jika anggaran perbaikan jalan yang diperlukan kurang akan dialokasikan pada APBD 2021. Pemkab juga terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur jalan, untuk mempermudah mobilitas warga dalam mendukung pergerakan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Tuban, Agung Supriadi, menambahkan pada peninjauan itu beberapa jalan telah masuk pada P-APBD Kabupaten Tuban tahun 2020.

Seperti pemeliharaan jalan paket XVII Mojo-Pandanwangi, dan Mentoro-Pandanagung di wilayah Kecamatan Soko.

Selain itu ada beberapa jalan yang akan dimasukkan pada APBD Tuban tahun 2021, di antaranya, peningkatan jalan Kenongosari Kecamatan Soko sepanjang 1,5 Km dengan total anggaran Rp2,7 miliar, peningkatan ruas jalan Soko-Simo dan perbaikan Jembatan Glendeng, Soko.

"Anggaran perbaikan sudah dialokasikan, ada yang melalui P-APBD 2020 maupun dimasukkan APBD 2021," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved