Breaking News:

Berita Kediri Hari Ini

Pemerintah Desa Jerukwangi, Kandangan, Kabupaten Kediri, Sebut Pernah Juga Ditemukan Arca

Pemerintah Desa Jerukwangi, Kandangan, Kabupaten Kediri, Sebut pernah juga ditemukan arca

Penulis: Farid Farid | Editor: isy
farid mukarom/suryamalang.com
Penemuan Benda Cagar Budaya di Kandangan Kabupaten Kediri Diduga Kompleks Pemukiman Padat Penduduk di Desa Kebonjeruk Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. 

SURYAMALANG.COM | KEDIRI - Pemerintah Desa Jerukwangi, Kandangan, Kabupaten Kediri, akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kediri terkait tindak lanjut penemuan benda cagar budaya di areanya.

Diketahui sebelumnya ditemukan sebuah bangunan serta benda benda yang diduga peninggalan jaman kerajaan Panjalu ditemukan warga di Desa Jerukwangi, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Benda – benda tersebut kali pertama ditemukan oleh warga yang sedang menggali tanah untuk dijadikan tanah uruk.

Adapun benda–benda tersebut meliputi pecahan gerabah, tatanan batu bata kuno, serta sebuah lubang yang diduga mengarah ke aliran kali konto. Atas adanya temuan, kemudian dilaporkan kepada perangkat desa setempat.

Menurut pengakuan warga, sebelumnya di area penambangan tanah tersebut juga pernah ditemukan benda-benda serupa, namun untuk lokasinya berada di wilayah Kabupaten Jombang.

Untuk lokasi penemuan struktur tatanan bata kuno yang menyerupai tembok, serta pecahan – pecahan gerabah tersebut, berada di ujung Desa Jerukwangi yang yang berbatasan dengan Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

Kasun Jerukwangi, Anwar Yusuf, mengatakan sebelumnya di Desa Jerukwangi pernah ditemukan benda–benda kuno berupa arca, namun saat ini sudah hilang.

Sementara di lokasi yang baru ditemukan adalah guci, alat dapur, keramik, serta struktur batu bata, saat ditemukan kondisinya sudah tidak utuh.

"Benda–benda tersebut ditemukan warga saat sedang menggali tanah, dan sebelumnya di Jerukwangi memang pernah ditemukan benda-benda purbakala berupa arca”, ujarnya.

Sementara itu Khairul Anam Sekretaris Desa Jerukwangi mengungkapkan lahan tersebut milik warganya dan berada di perbatasan antara wilayah Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang dengan wilayah Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri.

Saat ini pihaknya akan berkoordinasi dengan perangkat desa lainnya, dan rencananya akan melaporkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri,

”Kami Akan berkoordinasi dengan perangkat desa lainnya, dan rencana akan melaporkan ke Disparbud”, ungkapnya.

Khairul Anam menambahkan, menurut cerita sesepuh desa, bahwa dahulu di penghujung desa, atau yang saat ini merupakan lokasi temuan benda purbakala, merupakan pemukiman, bahkan asal mula Jerukwangi adalah dilokasi tersebut.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved