Breaking News:

Penangan Covid

Tetap Semangat Uji Keterampilan & Stamina Personel Di ARFF Challenge 2020 dengan Protokol Kesehatan

Di tengah situasi pandemi seperti ini ARFF Challenge tetap dijalankan dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Editor: Dyan Rekohadi
ISTIMEWA
Bandara Juanda tetap menggelar Airport Rescue And Fire Fighting (ARFF) Challenge 2020 guna terus meningkatkan pelayanan disemua lini berbasis safety, security, services, dan compliance. Kegiatan tetap berjalan meski di tengah pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan 

Penulis : Fikri Firmansyah , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Bandar Udara Internasional Juanda selaku pengelola jasa kebandarudaraan berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan di semua lini berbasis safety, security, services, dan compliance di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu upayanya pada sektor kehandalan personel Airport Rescue And Fire Fighting (ARFF) yang menjadi aspek penting saat terjadi penanganan pertolongan kecelakaan pesawat udara.

Mengingat pentingnya hal tersebut, manajemen Bandar Udara Internasional Juanda resmi menggelar ARFF Challenge dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kegiatan ARFF Challenge ini diselenggarakan rutin setiap tahun untuk menguji ketangkasan, keterampilan serta stamina para petugas pemadam kebakaran bandara yang harus selalu siap dan siaga dalam menangani krisis yang terjadi di wilayah Bandar Udara Internasional Juanda,” ujar PTS. General Manager Bandar Udara Internasional Juanda MMA. Indah Preastuty kepada TribunJatim.com (Grup SURYAMALANG.COM), Jumat (2/10/2020).

Indah menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan di Gedung ARFF Bandar Udara Internasional Juanda itu diikuti oleh 4 (empat) tim yang harus bersaing menjadi yang terbaik untuk melewati bermacam tugas serta rintangan.

Dimulai dengan lari memutari gedung ARFF, rintangan ban, pemakaian APD, angkat dan gelar selang, tali simpul, serta pemadaman api menggunakan kain.

Kemudian dilanjutan dengan penerapan basic life support atau bantuan hidup dasar, kekuatan fisik, penggunaan alat dan panjat tali.

Selain itu para peserta juga diuji kemampuan pengetahuannya terkait aturan dan keilmuan bidang ARFF melalui kuis serta presentasi kelompok.

Indah juga mengatakan, pada kegiatan ini para personel ARFF harus mampu menerjemahkan setiap Standard Operating Procedure (SOP) pada tiap tindakan saat melakukan operasi pertolongan kecelakaan pesawat udara.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved