Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Alat Keselamatan Sesuai Permenhub 59/2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan

Dishub Kota Malang mengimbau sepeda pancal harus dilengkapi berbagai alat keselamatan sesuai Permenhub nomor 59/2020

Dishub Kota Malang
Alat keselamatan sesuai Permenhub nomor 59/2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang mengimbau sepeda pancal harus dilengkapi berbagai alat keselamatan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 59/2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

"Dalam Bab II Pasal 2 ayat 1 Permenhub 59/2020, sepeda yang beroperasi di jalan harus memenuhi persyaratan keselamatan. Syarat keamanan itu diatur dalam Pasal 2 Ayat 2," ujar Handi Priyanto, Kepala Dishub Kota Malang kepada SURYAMALANG.COM, Senin (5/10/2020).

Ada tujuh poin hal yang harus ada pada sepeda, yaitu bel, sistem rem, spakbor, lampu, alat pemantul cahaya berwarna merah, alat pemantul cahaya warna kuning atau putih pada roda dan juga pedal.

Handi menjelaskan setiap alat keselamatan tersebut memiliki fungsi berbeda.

"Bel merupakan alat untuk memberi peringatan atau penanda bagi pengendara lainnya. Spakbor berfungsi untuk mengurangi percikan air ke arah belakang sehingga tidak membuat pesepeda di belakang terganggu," jelasnya.

Rem sepeda merupakan alat yang mutlak harus ada. Sebab sistem rem untuk memperlambat atau menghentikan laju sepeda, dan harus berfungsi secara baik.

Handi mengakui banyak pesepeda yang belum melengkapi peralatan keselamatan.

"Banyak pesepeda yang masih memakai sepeda standar dari pabrikan yang kadang tanpa bel maupun spakbor. Kami imbau pesepa menambahkan sendiri sebagai variasi opsional," bebernya.

Handi berharap pesepeda mematuhi Permenhub 59/2020.

"Ini demi keselamatan semua pengguna jalan, termasuk pesepeda. Karena sudah terjadi kecelakaan pesepeda, bahkan sampai meninggal dunia di beberapa daerah."

"Semoga tidak sampai terjadi hal seperti itu di Kota Malang," terangnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved