Breaking News:

Virus Corona di Trenggalek

Dapat Subsidi, RSUD dr Soetomo Biaya Swab Test bagi Warga Asli Trenggalek Rp 350 Ribu

RSUD dr Soedomo Trenggalek akan melayani swab test atau tes usap bagi warga yang ingin memeriksakan diri secara mandiri.

aflahul abidin/suryamalang.com
RSUD dr Soedomo Trenggalek 

SURYAMALANG.COM | TRENGGALEK - RSUD dr Soedomo Trenggalek akan melayani swab test atau tes usap bagi warga yang ingin memeriksakan diri secara mandiri. Rumah sakit milik pemkab itu akan mulai membuka layanan per Senin (12/10/2020).

Pemkab memberi subsidi kepada warga asli Trenggalek yang ingin melakukan pemeriksaan deteksi Covid-19 itu. Biaya yang perlu warga asli Trenggalek keluarkan untuk menjalani tes usap mandiri jauh lebih murah ketimbang tarif maksimal yang ditetapkan pemerintah pusat.

Direktur RSUD dr Soedomo Trenggalek, Sunarto, mengatakan tarif yang dipatok setelah subsidi senilai Rp 350.000. Tarif itu jauh lebih murah ketimbang batas atas yang ditetapkan pemerintah Rp 900.000.

Sementara tarif yang dipatok bagi warga ber-Kartu Tanda Penduduk (KTP) luar Trenggalek sebesar Rp 787.500.

"Kenapa jarak tarifnya jauh, karena nanti masyarakat di sekitat Trenggalek akan membludak ke Trenggalek apabila harga dibuat sama," ucap Sunarto, Kamis (8/10/2020).

Apabila tarif yang ditetapkan sama-sama bersubsidi, Sunarto khawatir layanan bakal lebih banyak dimanfaatkan warga luar Trenggalek.

"Eman kalau masyarakat Trenggalek justru jadi tidak terlayani optimal," ucap Sunarto.

Untuk mendapat layanan tes usap mandiri, warga bisa langsung datang mendaftar ke loket di RSUD dr Soetomo.

"Di sana sampaikan ke petugas ingin swab test dan PCR (Polymerase Chain Reaction). Syarat yang perlu dibawa adalah fotokopi KTP dengan nomor HP yang bisa dihubungi," tutur Sunarto.

Setelah mendaftar, warga bisa membayar biaya tes usap di kasir.

Kuitansi yang didapat dari kasir bisa dibawa ke swab dan PCR di rumah sakit.

"Untuk layanan mandiri, kami layani mulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIB. Jadi, warga yang ingin tes mandiri bisa mendaftar sebelum jam itu," ucap Sunarto.

Sunarto bilang, layanan tes usap mandiri ini merupakan hasil kesepakatan rumah sakit, pemerintah, dan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 setempat.

"Pemkab ingin hadir memfasilitasi agar warga Trenggalek tidak kesulitan untuk mendapat layanan tes usap," ucapnya.

Catatan Redaksi: Bersama kita lawan virus corona. SURYAMALANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved