Berita Batu Hari Ini

Gubernur Khofifah Puji Warga Jatim yang Tertib Bermasker Selama Berwisata saat Liburan Panjang

SURYA - Khofifah Puji Warga Jatim yang Tertib Bermasker Selama Berlibur saat Liburan Panjang

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Rifky Edgar
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat membuka Konferensi Wilayah AMSI 2 Jawa Timur di Kota Batu, Sabtu (24/10/2020). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung memantau ketertiban warga masyarakat Jatim dalam bermasker selama libur panjang cuti bersama.

Hari Sabtu (31/10/20207), Khofifah mengunjungi dua tempat wisata di Kota Batu yaitu wisata Selecta dan juga Jatim Park 3. 

Di dua lokasi tersebut, Khofifah memantau sudah seluruh pengunjung yang datang ke tempat wisata telah mengenakan masker.

Jika ada misalnya anak-anak yang belum bermasker, dengan sikap ia bersama tim membagikan masker agar bisa langsung dipakai di tempat wisata. 

Pasalnya, ditegaskan wanita yang merupakan gubernur perempuan pertama Jatim ini, meski sedang berlibur, bukan berarti ketertiban mengenakan masker kemudian diabaikan. 

Sehingga ia mengapresiasi ketertiban warga Jatim yang telah berubah laku di masa kenormalan baru di tengah pandemi covid-19. Yaitu bermasker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

"Long weekend ini saya berkesempatan untuk menyaksikan bagaimana wisata bisa memberikan ruang bagi layanan yang aman dan sehat bagi pengunjungnya," kata Khofifah, yang diwawancara media usai meninjau Selecta dan Jatim Park 3. 

Ia melihat sendiri bagaimana pihak pengelola pun turut serta mengingatkan pengunjung saat di area masuk wahana, mereka wajib mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuhnya guna memastikan setiap pengunjung dalam keadaan sehat. 

Bahkan di setiap dalam lokasi wisata pun, tak jarang petugas juga turun langsung mengingatkan jika ada pengunjung yang belum mengenakan masker atau sedang dalam kondisi berkerumun.

Pengunjung yang sudah tampak berisiko juga diberi tambahan alat pelindung seperti face shield sebagai bentuk kepatuhan terhadap prokes. 

Di area khusus wahana wisata juga sempat memberikan pengamanan tambahan. Seperti di Jatim Park 3, mereka menambahkan sarana sarung tangan sekali pakai pada pengunjung saat memasuki kawasan Millenial Glow Garden. 

"Saya lihat penerapan protokol kesehatan di Jatim Park 3 ini memang sangat ketat. Saya melihat juga wisatawan yang datang juga saling menjaga kesehatan di antara wisatawan yang ada di sini," tuturnya.

“Kita patut memberikan apresiasi bagi mereka warga Jatim yang aktif menjaga prokes di tengah liburan,” tambahnya. 

Untuk mengetahui penerapan prokes yang diterapkan di sini, Khofifah pun menyempatkan untuk melihat langsung area wisata sejarah, wisata dinopark hingga wisata keindahan lampu di setiap wahana.

Salah satunya adalah millenial glow garden yang menunjukkan bagaimana kecanggihan teknologi, budaya dan perpaduan artifisial intelijensi. 

"Menurut guide yang menjelaskan tadi, millenial glow garden ini salah satu venue yang baru di buka Desember 2019, bulan Maret sudah pandemi Covid-19 jadi baru dibuka lagi tempat ini, selain itu di sini juga menawarkan wisata yang lengkap.

"Ada indoor, ada outdoor, ada museum dan yang terbaru ini adalah milenial glow garden ini," jelasnya.

Gubernur Khofifah berpesan, agar penerapan prokes yang ketat akan berseiring dengan meningkatnya sektor ekonomi termasuk wisata. 

"Di antaranya sektor wisata yang sangat terdampak dan berefek pada roda perekonomian lainnya. Seperti, jasa penginapan atau hotel, travel, pedagang souvenir, pedagang makanan dan minuman di sekitar area wisata. Maka kika protokol kesehatan dijaga dan dilakukan dengan disiplin maka Insyaallah ekonomi kita akan pulih dengan cepat," imbuhnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved