Breaking News:

Berita Ponorogo Hari Ini

Ponorogo Diguyur Hujan Lebat Semalaman, 4 Kecamatan Longsor dan 2 Kecamatan Banjir

Sebanyak 15 kecamatan di Ponorogo diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Editor: isy
Istimewa/Warga
Warga Gotong Royong Memperbaiki Rumah di Kecamatan Pudak, Ponorogo yang Longsor. 

SURYAMALANG.COM, PONOROGO - Sebanyak 15 kecamatan di Ponorogo diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mulai Minggu (1/11/2020) malam hingga Senin (2/11/2020) dini hari. Dampaknya, terjadi tanah longsor di empat kecamatan di Ponorogo hingga mengakibatkan kerusakan di sejumlah rumah.

"Ada empat kecamatan yang longsor terkena rumah yaitu Kecamatan Badegan, Kecamatan Pulung, Kecamatan Pudak, dan Kecamatan Sawoo," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Setyo Budiono, Senin (2/11/2020).

Namun begitu, warga tidak sampai mengungsi karena rumah hanya mengalami kerusakan ringan dan bisa diperbaiki.

"Sejumlah aliran sungai juga sempat meluap ke jalan dan masuk ke rumah. Misalnya saja di Kecamatan Sukorejo dan Kecamatan Siman," lanjutnya.

Budi, sapaan akrabnya menyebutkan, meluapnya air ini dikarenakan intensitas hujan yang tinggi dan aliran sungai yang tersumbat sampah.

Mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah dedaunan, ranting, bambu dan lainnya.

"Kami harus mendatangkan alat berat untuk mengevakuasinya, itupun membutuhkan waktu hampir 3 jam karena banyaknya material sampahnya," lanjutnya.

Hujan dengan intensitas tinggi memang terjadi mulai pukul 15.00 WIB hingga 03.00 WIB.

"Namun tidak terus deras, ada jeda gerimis, lalu hujan lagi, jeda lagi, hujan lagi," kata Budi.

Dikarenakan mulai datangnya musim hujan, ia mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai untuk membersihkan sungainya dari sampah untuk mencegah terjadinya banjir.

"Selain itu, bagi masyarakat yang tinggal di rumah dengan kemiringan sampai 30 derajat untuk segera mencari tempat aman jika turun hujan yang lebat. Terutama yang berpotensi longsor dan banjir karena intensitas hujan hari-hari ini diatas normal, yaitu meningkat 20-40 persen lebih lama dan lebih deras dari biasanya," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved