Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Polresta Malang Kota Dinilai Layak WBBM, Bocoran Tim Penilai Internal Mabes Polri Dan Polda Jatim

Tim datang untuk mengecek kesiapan Polresta Malang Kota, dalam hal penilaian menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Tribun Jatim/Kukuh Kurniawan
Kabag Sisinfolap Biro RBP Srena Mabes Polri, Kombes Pol Meilina D Irianti didampingi Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat mengecek ruang SKCK Polresta Malang Kota, Kamis (5/11/2020). 

Penulis : Kukuh Kurniawan , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Tim penilai internal dari Mabes Polri dan Polda Jatim datangi Polresta Malang Kota, Kamis (5/11/2020).

Tim tersebut datang untuk mengecek kesiapan Polresta Malang Kota, dalam hal penilaian menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dalam kegiatan tersebut, tim penilai yang dipimpin oleh Kabag Sisinfolap Biro RBP Srena Mabes Polri, Kombes Pol Meilina D Irianti berkeliling mengecek berbagai pelayanan publik Polresta Malang Kota, seperti layanan SKCK dan Satpas SIM.

Selain itu tim tersebut juga mengecek ke Command Center dan ruang SPKT, yang berada di Gedung Wira Pratama.

Kabag Sisinfolap Biro RBP Srena Mabes Polri, Kombes Pol Meilina D Irianti menjelaskan tujuan kedatangannya ke Polresta Malang Kota.

"Jadi kegiatan kami dari Mabes Polri dan Polda Jatim, untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi persiapan Polresta Malang Kota menuju WBBM. Jadi di sini kami mengecek dua hal, yang pertama komponen pengungkit kesiapan Polresta Malang Kota membangun WBBM pada 6 area perubahan. Yaitu mulai dari manajemen perubahan, tata laksana, SDM, akuntabilitas, pengawasan, dan pelayanan publiknya. Sedangkan hal yang kedua, kami menyampaikan hasil survei secara online dari masyarakat dan internal," ujarnya kepada TribunJatim.com (Grup SURYAMALANG.COM), Kamis (5/11/2020).

Ia menerangkan dari hasil penilaian survei tersebut, Polresta Malang Kota telah memenuhi standar minimal untuk diusulkan menjadi WBBM.

"Secara umum, kriteria menuju WBBM sudah terlaksana dengan baik. Namun memang dalam beberapa inovasi, tentu masih perlu adanya perbaikan. Dimana perbaikan itu dalam rangka meningkatkan kecepatan kepastian hukum dan sebagainya. Namun secara umum sudah memenuhi standar dan ekspektasi masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima hasil penilaian survei secara online dan hasil penilaian pemantauan secara fisik dari tim penilai internal Mabes Polri dan Polda Jatim.

"Syarat nilai minimal untuk diusulkan menjadi WBBM adalah 85 persen. Namun hasil penilaian survei internal kami mencapai 98 persen. Sedangkan hasil survei penilaian eksternal mencapai 97 persen. Sehingga Polresta Malang Kota telah memenuhi syarat untuk diusulkan menjadi WBBM," bebernya.

Dirinya juga menuturkan dari hasil kunjungan tim penilai internal dari Mabes Polri dan Polda Jatim tersebut, memang masih ditemukan perlunya beberapa perbaikan.

"Memang ada beberapa perbaikan yang telah kami catat, namun hal itu tidak terlalu signifikan. Sehingga tidak mengurangi penilaian dari tim penilai internal dari Mabes Polri dan Polda Jatim tersebut," tambahnya.

Namun meski begitu pihaknya mengaku tidak mau berpuas diri. Meski telah menerima penilaian secara bagus dari tim penilai internal Mabes Polri dan Polda Jatim.

"Kami masih ada satu penilaian lagi pada 15 November, yaitu penilaian dari Deputi Reformasi Birokrasi Kemenpan RB. Jadi yang akan menilai terakhir (apakah Polresta Malang Kota menerima WBBM atau tidak) adalah tim penilai nasional itu," pungkasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved