Breaking News:

HUT Harian Surya 31

Ubah Laku Bupati Thoriqul Haq Tangani Pandemi Covid-19 Lumajang

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, bercerita awal Covid-19 menyebar di Lumajang, pihaknya mengaku masih meraba cara terbaik dalam menangani virus ini.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: isy
Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Indah Amperawati 

SURYAMALANG.COM | LUMAJANG - Pandemi Covid-19 di Indonesia memang belum berakhir. Namun perkembangan penanganan wabah ini menunjukkan tren positif, tak terkecuali di Kabupaten Lumajang.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, bercerita awal Covid-19 menyebar di Lumajang, pihaknya mengaku masih meraba cara terbaik dalam menangani virus ini. Sebab dunia pun baru pertama kali menghadapi wabah ini.

Saat itu langkah pertama yang dipilih adalah melakukan screening di wilayah perbatasan dan menggaungkan agar masyarakat di rumah saja alias stay at home.

"Karena gini awal-awal kita tidak punya pengalaman bagaiamana tentang menangani virus corona," kata Thoriq, Sabtu (30/10/2020).

Namun langkah ini bukan satu-satunya solusi.

Saat itu, menurut Thoriq masih banyak masyarakat yang  belum bisa menelaah maksud pemerintah dalam memahami wabah virus corona.

"Stay at home, screening di perbatasan, melarang orang lama-lama nongkrong di cafe hampir semua kota melakukannya. Tapi waktu itu orang tidak tiba-tiba berkenan dengan pola hidup begitu. Saya ingat betul jalanan langsung sepi dan waktu itu ekonomi jadi mandek," ucapnya.

Sayangnya pengorbanan ini tidak berbuah maksimal dalam mencegah angka penularan.

Yang ada malah pembatasan ini membuat ekonomi babak belur.

Tak ingin semakin larut atas dalam permasalah itu, Bupati Thoriq mengambil langkah terobosan dalam melakukan pencegahan maupun penaganan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved