Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pekerja Temukan Jalur Kereta Api Kuno di Bawah Kawasan Kayutangan Heritage, Kota Malang

Pekerja menemukan jalur kereta api kuno atau yang biasa dikenal dengan kereta trem saat membongkar badan Jalan Basuki Rahmat, Kota Malang.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Pekerja menemukan jalur kereta api kuno atau yang biasa dikenal dengan kereta trem saat membongkar badan Jalan Basuki Rahmat, Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pekerja menemukan jalur kereta api kuno atau yang biasa dikenal dengan kereta trem saat membongkar badan Jalan Basuki Rahmat (kawasan Kayutangan Heritage), Kota Malang, Rabu (11/11/2020).

Consultants Engginer Prospera, Warjo mengatakan kondisi rel trem tersebut dalam kondisi bagus meskipun tertanam puluhan tahun di bawah aspal Kayutangan.

Sebelum pengerjaan batuan andesit di kawasan Kayutangan Heritage, pihaknya akan melapisi rel tersebut agar kondisi rel trem tetap terawat.

"Kami ajab beri batas pengaman sekitar 6 cm agar relnya terlindungi. Kami jamin nanti kondisi rel baik-baik saja," ucapnya.

Sesuai set plan, nantinya batuan andesit akan ditanam di perempatan Rajabali dan PLN.

Makanya kawasan Jalan Basuki Rahmat Kota Malang ditutup total untuk sementara waktu.

Warjo memperkirakan lama proses pengerjaan pemasangan batu andesit ini maksimal sampai 20 Desember 2020.

Sebab, proses pengerjaan ini berupa struktur, yaitu menguatkan bagian bawah jalan dengan menggunakan betok yang kemudian dicor.

Setelah bagian bawah dikuatkan, baru dilanjutkan dengan proses pemasangan batuan andesit yang berada di permukaan jalan.

"Kami tidak mau seperti batuan andesit di zona III (patung Chairil Anwar). Kami ingin kuatkan bagian di bawah tanah agar stabil. jadi bagian permukaan lebih bagus," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved