Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Tim Dosen Unair Kenalkan Gula Kelapa Semut Atau Gula Aren ke Ranah Internasional

Produsen Gula Kelapa Semut (GKS) di Banyuwangi salah satunya terdapat di Desa Pakistaji, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi.

Sajian Sedap via Kompas.com
Ilustrasi gula aren atau gula kelapa semut. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gula Kelapa Semut (GKS) atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai gula aren atau brown sugar, kini mulai dilirik oleh pasar internasional sebagai alternatif pemanis yang dianggap lebih sehat.

Produsen Gula Kelapa Semut (GKS) di Banyuwangi salah satunya terdapat di Desa Pakistaji, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi.

Pelaku UMKM Gula Kelapa Semut (GKS) di Desa Pakistaji Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi sudah menyadari peluang ekspor komoditas yang mereka produksi sejak beberapa tahun yang lalu.

Sayangnya, peluang ekspor ini masih belum digali lebih dalam.

Padahal permintaan pasar Internasional terhadap Gula Kelapa Semut (GKS) semakin tinggi setiap tahunnya.

Untuk itu tim dosen yang terdiri dari Yossy Imam Candika, Damar Kristanto,  Ria Triwastuti, dan  Rizky Amalia Sinulingga, mewakili Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, melakukan pembinaan persiapan ekspor terhadap pengusaha UMKM Gula Kelapa Semut UD Latansa.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Yossy mengungkapkan inisiatif untuk membantu UMKM GKS di Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu bentuk penerapan Tridharma Perguran Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat.

Apalagi setelah ditelusuri kesulitan ekspor ini terjadi karena para pelaku UMKM belum sepenuhnya memahami alur proses untuk memulai ekspor.

"Padahal pengolahan gula semut yang tanpa bahan kimia menjadi komoditas yang sangat diminati khususnya di Hongkong, Kanada, Timur Tengah dan Jerman," paparnya pada SURYAMALANG.COM, Sabtu (14/11/2020).

Karena masih pandemi, tim dosen melakukan pembinaan pada pelaku UMKM secara daring.

Halaman
12
Penulis: sulvi sofiana
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved