Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Wali Kota Malang Wajibkan Seluruh OPD Gerakkan Urban Farming di Tahun 2021

Urban farming bisa dilakukan di kantor masing-masing OPD dengan menanam beragam jenis sayuran, buah-buahan maupun tanaman toga.

SURYAMALANG.COM/Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Wali Kota Malang, Sutiaji akan galakkan Urban Farming di tahun 2021 

Penulis : M Rifky Edgar H , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Wali Kota Malang mewajibkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Malang menggerakkan urban farming pada tahun 2021 mendatang.

Hal tersebut dilakukan, guna menciptakan lingkungan yang asri bersih dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Kami harapkan di tahun depan setiap perangkat daerah mulai menggerakkan urban farming," ucapnya belum lama ini.

Pria kelahiran Lamongan itu mengatakan, bahwa perangkat daerah diharuskan menyiapkan lahan untuk dijadikan sebagai urban farming.

Urban farming bisa dilakukan di kantor masing-masing OPD dengan menanam beragam jenis sayuran, buah-buahan maupun tanaman toga.

Tidak hanya perangkat daerah, tetapi juga akan diimbau pada jajaran lingkungan perkantoran dan instansi di Kota Malang lainnya.

Hal ini dilakukan juga untuk mengentas masalah terbatasnya lahan pertanian dan menambah banyak produk pertanian di Kota Malang.

"Selama ini kan urban farming selalu digalakkan oleh PKK. Maka dari itu, ke depan kami ingin semua ikut terlibat. Mulai dari lingkungan perangkat daerah dulu," ucapnya.

Di sisi lain dalam rapat paripurna DPRD Kota Malang beberapa waktu lalu, Suryadi, dari Fraksi Golkar Nasdem PSI mendorong Pemkot Malang agar lebih memperbanyak dan memperluas kegiatan pertanian melalui urban farming.

Untuk itu, dia juga mendorong para pemuda di Kota Malang agar ikut terlibat dalam urban farming.

Agar nantinya generasi milineal dapat berperan aktif di sektor pertanian dengan menguasai teknologi dari tradisional ke modern farming.

"Harapan kami urban farming ini dapat memberi pula usaha baru dan terciptanya lingkungan asri. Jadi di tahun depan ini harus digalakkan. Salah satunya dengan menggerakkan para pemuda di Kota Malang," tandasnya. 

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. SURYAMALANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved