Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

BI Malang Prediksi Kota Malang Akan Inflasi pada November 2020

Kantor Perwakilan Wilayah BI Malang memperkirakan Kota Malang akan mengalami inflasi pada November 2020

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Aminatus Sofya
Kepala BI wilayah Malang Azka Subhan 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Malang memperkirakan Kota Malang akan mengalami inflasi pada November 2020.

"Kami perkirakan Kota Malang akan mengalami inflasi meski angkanya tipis. Jadi tidak lagi mengalami deflasi."

"Karena Kota Malang telah mengalami deflasi selama lima kali, sepanjang periode Januari hingga Oktober 2020 ini," ujar Azka Subhan, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah BI Malang kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (28/11/2020).

Pihaknya melakukan Survei Penjualan Eceran (SPE) yang dilakukan pada November 2020.

"Dari hasil survei secara month to month (mtm) pada November 2020, perkiraan total omzet penjualan eceran tumbuh 12,07 persen."

"Angka ini lebih tingi dibandingkan dengan realisasi omzet bulan Oktober, yakni sebesar 9,66 persen," jelasnya.

Azka menerangkan peningkatan ekonomi ini sejalan dengan implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mendorong aktivitas masyarakat.

"Pertumbuhan pada sektor penjualan eceran kami prediksi akan bertahan sampai akhir tahun. Pertumbuhan sektor penjualan eceran ini utamanya ditopang oleh trend positif kelompok makanan, minuman, serta tembakau."

"Selain itu kelompok barang budaya dan rekreasi juga diperkirakan menunjukkan adanya perbaikan, sejalan dengan adanya perayaan Natal dan Tahun Baru," bebernya.

Azka Subhan juga mengungkapkan Survei Penjualan Eceran (SPE) merupakan survei bulanan yang bertujuan untuk mengetahui sumber tekanan inflasi dari sisi permintaan. Serta untuk memperoleh gambaran mengenai kecenderungan perkembangan penjualan eceran serta konsumsi masyarakat.

"Hasil survey ini dapat dijadikan sebagai salah satu indikator mengenai perkembangan kondisi ekonomi di wilayah kerja Kantor Perwakilan Wilayah BI Malang," terangnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved