Breaking News:

Berita Trenggalek Hari Ini

Gelar Simulasi Pencoblosan, KPU Trenggalek Masih Akan Atur Mekanisme Jadwal Undangan Pemilih

Gelar Simulasi Pencoblosan, KPU Trenggalek Masih Akan Atur Mekanisme Jadwal Undangan Pemilih

SURYAMALANG.COM/Aflahul
Proses simulasi pencoblosan yang digelar oleh KPU Kabupaten Trenggalek di gedung salah satu hotel, Sabtu (28/11/2020). 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pencoblosan sebagai salah satu tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Sabtu (28/11/2020).

Simulasi yang digelar di gudang salah satu hotel tersebut mempraktikan proses pemilihan mulai dari penataan tempat, proses pencoblosan, hingga perhitungan perolehan suara.

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Gembong Derita hadi mengatakan, simulasi itu adalah bentuk riil dari proses bimbingan teknis yang sebelumnya sudah diberikan kepada para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Di TPS (Tempat Pemungutan Suara), ada proses pemungutan sendiri, perhitungan juga sendiri. Itu memerlukan simulasi agar jelas nanti ketika pelaksanaannya,” ujar Gembong, usai simulasi.

Karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, ada beberapa tahapan simulasi yang berbeda di banding pemilihan sebelum-sebelumnya. Terutama soal protokol kesehatan.

Dalam simulasi itu, dipraktikan juga langkah-langkah penanganan apabila ada calon pemilih yang bersuhu tubuh tinggi, atau yang memiliki gejala yang mirip dengan keluhan Covid-19.

Para petugas menggunakan Alat Pelindungan Diri (APD) baju hazmat langsung bertindak mengevakuasi sang pemilih. Sehingga, proses pencoblosan tak terganggu.

“Pemilihan sebelumnya tidak masa pandemi. Kalau hari ini, bedanya yang lain, harus pakai APD di tingkat Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS), harus juga menerapkan protokol kesehatan. Tidak boleh ada kerumunan,” sambung Gembong.

Dalam simulasi itu, ditekankan juga pentingnya penerapan protokol kesehatan bagi para pemilih. Mereka wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan sebagainya.

Gembong mengakui, masih ada hambatan dalam proses persiapan pelaksanaan Pilkada yang digelar 9 Desember mendatang.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved