Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Seminggu ke Depan, Jawa Timur Diperkirakan Terjadi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Seminggu ke Depan, Jawa Timur Diperkirakan Terjadi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dalam seminggu ke depan atau tepatnya pada tanggal 5 - 11 Desember 2020, wilayah Jawa Timur diperkirakan akan terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Sidoarjo, Teguh Tri Susanto mengatakan ada beberapa penyebab wilayah Jawa Timur masih mengalami hal tersebut.

"Dari data yang kami dapat, menunjukkan bahwa terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan di atas wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan."

"Peningkatan pertumbuhan awan tersebut dapat terjadi oleh beberapa sebab. Yaitu adanya kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil, aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia, serta adanya pusaran angin (sirkulasi siklonik) yang terpantau di beberapa tempat, yang dapat mendorong terbentuknya daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi)," ujarnya kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (6/12/2020).

Ia menjelaskan tidak hanya di wilayah Jawa Timur saja yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Melainkan juga di beberapa wilayah Indonesia.

"Wilayah wilayah tersebut adalah : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara,  Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua," bebernya.

Oleh karena itu dirinya mengimbau kepada masyarakat. Untuk tetap selalu waspada dan berhati hati terhadap kondisi cuaca tersebut.

"Karena dampak yang dapat ditimbulkan adalah banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Selalu jaga daya tahan tubuh. Dan tetap selalu pantau layanan informasi cuaca 24 jam baik di media sosial dan website BMKG Juanda," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga memberikan data perkiraan cuaca wilayah Jawa Timur untuk hari Minggu (6/12/2020).

"Kami perkirakan pada pagi hari akan  cerah, berawan, berkabut, hujan ringan - sedang, dan hujan lebat disertai petir. Untuk siang dan sore hari diprediksi  cerah, berawan, hujan ringan - sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sedangkan untuk malam hari diperkirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan - sedang, dan hujan lebat disertai petir," jelasnya.

Sedangkan untuk suhu udara mencapai antara 15 - 33 °C, kelembapan udara : 55 - 100 %, dengan angin dominan dari arah Barat - Barat Daya dengan kecepatan 05 - 40 km/jam.

"Selain itu kami juga mengeluarkan peringatan dini, terkait waspada hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa daerah di Jawa Timur. Kami perkirakan akan terjadi pada pagi hari di wilayah Bondowoso dan Pamekasan, siang dan sore hari di wilayah : Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Kab. Madiun, Kota Madiun, Magetan, Kab. Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Sampang dan Sumenep, serta malam hari di wilayah :  Kab. Madiun, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember dan Sampang," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved