Breaking News:

Sosok

Potret Rizky Wijayanti, Berani Ambil Peran

Rizky Wijayanti (@rizky_wij) sudah memahami pentingnya wanita untuk berdaya sejak masih belia.

istimewa/dok pribadi
Potret Rizky Wijayanti 

SURYAMALANG.COM | SURABAYA - Rizky Wijayanti (@rizky_wij) sudah memahami pentingnya wanita untuk berdaya sejak masih belia.

Hal ini tak lepas dari peran keluarganya yang menanamkan untuk menjadi perempuan kuat, tidak mudah mengeluh, dan memiliki karier, jika sudah besar nanti.

"Kemudian saat SMP saya semakin mengenal konsep gender equality saat membaca buku berjudul Emansipasi tentang RA Kartini. Dari situ akhirnya semakin tertarik," ungkap mahasiswi Universitas Airlangga ini.

Bahkan, ia sempat mengikuti diskusi global Unite 2030 pada 2018 yang dikuti oleh berbagai peserta dari seluruh dunia.

"Kami membahas isu pernikahan anak, stunting, kekerasan, ketidakberdayaan perempuan, dan sebagainya. Ternyata masalah ini juga terjadi di negara-negara lain khususnya Asia dan Afrika. Ini yang menjadi PR kita bersama," katanya.

Menurut penggagas Woman for Earth ini, perempuan harus berani mengambil peran di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, teknologi, lingkungan, sampai ekonomi dan sebagainya.

"Bagaimana perempuan dan laki-laki saling mendukung, melengkapi, dan sama-sama berjalan beriringan," katanya.

Menurut Rizky, saat ini sudah banyak gerakan yang mengkampanyekan kesetaraan gender.

Tapi bukan berarti tugas sudah selesai sampai di sini.

"Kita harus terus membawa kampanye ini ke tempat-tempat yang masyarakatnya masih belum sadar pentingnya gender equality. Saya ingin kita semua aware, terutama anak-anak muda," pungkasnya. (Christine Ayu Nurchayanti)

Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved