Pilkada Malang 2020

Partisipasi Pemilih Pilkada Malang Masih di Bawah Target, KPU Kabupaten Malang Ungkap Angkanya

KPU Kabupaten Malang mengungkapkan, partisipasi pemilih pada Pilkada Malang 2020 tak mencapai target Nasional sebesar 77,5 persen.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Dyan Rekohadi
Tribun Jatim/Kukuh Kurniawan
ILUSTRASI - Suasana TPS 14 Desa Tunjungtirto RT 1 RW 8 Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Rabu (9/12/2020). 

Penulis : M Erwin Wicaksono , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Tingkat partisipasi pemilih dalam Pilbup atau Pilkada Malang 2020 tergolong masih rendah.

KPU Kabupaten Malang mengungkapkan, partisipasi pemilih pada Pilkada Malang 2020 tak mencapai target Nasional sebesar 77,5 persen.

Bagian Sosialisasi dan SDM KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika menerangkan, target partisipasi 77,5 persen yang dicanangkan KPU RI pada masa pandemi Covid-19 dirasa terlalu tinggi.

"Target begitu tinggi. Pada hari pelaksanaan hasil monitoring di TPS partisipasi masih kisaran 58 persen sekian. Namun itu belum resmi masih sementara masih menunggu rekapitulasi," ujar Dika ketika dikonfirmasi pada Kamis (10/12/2020).

Dika menganalisa, faktor pandemi Covid-19 seakan membuat masyarakat Kabupaten Malang berpikir dua kali untuk datang ke TPS. Pertimbangan kesehatan jadi alasan.

"Bahkan, ada juga masyarakat yang mengaku belum tahu. Padahal kami sudah woro-woro (pemberitahuan) sehingga tidak mungkin tidak tahu kalau ada Pilkada," paparnya.

Kata Dika, tingkat partisipasi pemilih Pilkada tahun ini tak jauh beda dengan tahun 2015. Yakni pada kisaran 58,2 persen..

"Tanggal 13-17 Desember jadwal rekapitulasi tingkat Kabupaten," ujar Dika.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. SURYAMALANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved