Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Kejari Batu Selamatkan Uang Negara Rp 1,41 Miliar di 2020

Kejaksaan Negeri Batu menyelamatkan dan memulihkan keuangan negara sebanyak Rp. 1.410.171.140 pada 2020

Penulis: Benni Indo | Editor: isy
benni indo/suryamalang.com
Kepala Kejaksaaan Negeri Batu, Supriyanto. 

SURYAMALANG.COM | BATU - Kejaksaan Negeri Batu menyelamatkan dan memulihkan keuangan negara sebanyak Rp. 1.410.171.140 pada 2020.

Kepala Kejari Batu, Supriyanto, mengemukakan, keuangan negara tersebut terdiri atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sekitar Rp. 514.919.700, seperti pidana denda, biaya perkara, denda tilang, hasil lelang, dan lain-lain.

Lalu ada pembayaran uang pengganti perkara Tipikor sebanyak Rp 196.780.700.

Penagihan kurang bayar pajak hotel dan penagihan tunggakan BPJS sebanyak Rp. 693.470.740 melalui Jaksa Pengacara Negara bidang Perdata dan TUN.

Supriyanto juga menjelaskan di bidang pembinaa untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, Kejari Batu telah melakukan berbagai pembenahan.

"Di antaranya pembuatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, ruang tamu yang nyaman, ruang konsultasi hukum yang reprssentatif, ruang laktasi, tempat bermain anak, ruang diversi dan peningkatan sarana prasarana lainnya yang menunjang pelayanan," ujarnya, Rabu (30/12/2020).

Di bidang intelijen, Kejari Batu melakukan beberapa kegiatan dan operasi intelijen penegakan hukum dibidang ideologi politik ekonomi sosial budaya pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam).

Lalu juga melakukan pelacakan aset terkait Tipikor, melakukan berbagai kegiatan penyuluhan hukum dan penerangan hukum melalui berbagai program.

"Antara lain Jaga Desa, Jaksa Sahabat Guru, Jaksa Sahabat Petani, Jaksa Sahabat Media, Jaksa Masuk Sekolah, Jaksa Menyapa Kampus, Dialog Interaktif, dan banyak lagu," urainya.

Supriyanto mengatakan, Kejari Batu telah melakukan kegiatan bantuan hukum sebanyak 21 perkara.

Kejari Batu menyasar pada berbagai aspek.

"Bantuan hukum itu kepada pemerintah, BUMN maupun BUMD baik secara litigasi (dalam pengadilan) maupun non litigasi (di luar pengadilan) sebanyak 21 kegiatan/perkara," paparnya.

Kejari Batu juga memberikan pelayanan hukum gratis kepada masyarakat serta memberikan pertimbangan hukum kepada pemerintah daerah, BUMN, BJMD sebanyak 3 kegiatan.

"Kami juga melakukan MoU di bidang hukum Perdata dan TUN dengan pemerintah maupun BUMN, BUMD sebanyak 11 kegiatan," papar Supriyanto.

Pada 2021, Kejari Batu berupaya untuk meningkatkan sejumlah capaian di 2020.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved