Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Bupati Malang Sanusi Siapkan Inovasi Dongkrak Ekonomi, Berencana Terbang ke Jepang

Inovasi tersebut berupa inovasi di bidang pariwisata yang akan bersinergi dengan pertanian, peternakan hingga perikanan.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Humas Pemkab Malang
Bupati Malang Sanusi saat meninjau kawasan rest area Gubug Klakah, Poncokusumo, Kabupaten Malang pada Sabtu (2/1/2021). 

Penulis : M Erwin Wicaksono , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Bupati Malang, Muhammad Sanusi menyiapkan inovasi di bidang pariwisata di saat kondisi lesu karena situasi pandemi Covid-19 belum juga berakhir.

Inovasi di bidang Pariwisata diharapkan bisa menopang sektor perekonomian yang rentan terdampak karena daya beli masyarakat yang turun imbas pandemi.

Inovasi tersebut akan bersinergi dengan pertanian, peternakan hingga perikanan.

"Karena sektor peternakan, perikanan dapat mendongkrak perekonomian di Kabupaten Malang. Seperti halnya yang farm education di Karangploso, Desa Ampeldento," ungkap Sanusi ketika dikonfirmasi.

Agar bernilai jual tinggi, Sanusi sarankan pengelola wisata maupun petani menanam tanaman yang layak ekspor. Alias laku di pasaran luar negeri.

"Saya ingin tanamannya bisa ekspor semua," ujar pengusaha tebu asal Gondanglegi itu.

Sanusi menceritakan jika ada seorang yang ia kenal di Kasembon Kabupaten Malang sukses menembus pasar Jepang, dari hasil pertanian.

Katanya, budidaya tanaman hias tersebut bisa menghasilkan uang ratusan juta rupiah.

"1 hektar bisa Rp 500 juta. Karena kemarin bagus, Rp 600 juta dalam 6 bulan bisa panen dua kali. Kami akan kembangkan dan bekerja sama dengan Univesitas Brawijaya," papar Sanusi.

Sanusi bersama dengan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya akan terbang ke Jepang untuk menjajaki kerjasama di bidang pertanian.

"Kami mau diundang ke Jepang untuk mencari atau melihat kebutuhan pasar Jepang yang bisa ditanam di Indonesia. Rencana habis hari raya," tutup Sanusi.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved