Berita Sampang Hari Ini

Pengiriman Sabu dari Malaysia ke Sampang Madura, Modus Dibungkus Kemasan Sabun Lifebuoy

Barang Bukti (BB) diamankan, ternyata sabu tersebut terbungkus oleh wadah sabun dengan merek Lifebuoy sebanyak 16 bungkus.

Editor: Dyan Rekohadi
TribunMadura.com/Hanggara Pratama
Alfiandi Ramadani (23) asal Kelurahan Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah bersama BB di Mapolres Sampang, Rabu (6/1/2021). 

Penulis : Hanggara Pratama, Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SAMPANG - Jalur pengiriman sabu dari Malaysia melalui Madura masih terus berlangsung dengan bermacam modus, termasuk menggunakan kemasan sabun mandi.

Modus penyelundupan dan pengiriman sabu asal Malaysia ke Madura dalam kemasan sabun mandi ini terbongkar di Sampang.

Alfandi Ramadani (23), pria asal Kelurahan Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tersebut diketahui menjadi kurir dan berencana mengirimkan narkotika jenis sabu ke Kabupaten Sampang, Madura.

Namun, upayanya gagal setelah Satresnarkoba Polres Sampang mencium perbuatannya.

Alfandi berhasil diringkus pada 1 Januari 2021 saat melarikan diri ke rumah ayahnya di Kecamatan Sokobanah, Sampang.

Kasatresnarkoba Polres Sampang AKP Harjanto Mukti Eko Utomo mengatakan, sabu seberat 1 kg lebih atau sekitar 1.209, 39 gram itu pengirimannya dari Malaysia menggunakan jasa kargo (jalur laut) menuju ke Sampang, Madura.

Namun, terlebih dahulu diturunkan di Surabaya dan dibawa oleh ekspedisi kargo ke rumah Alfandi Ramadani.

"Sebelum tiba ke rumah tersangka, ekspedisi kargo kami hentikan karena dikhawatirkan kehilangan jejak dan kami langsung melakukan pengembangan terhdap pemilik, tapi Alfandi berhasil kabur ke Sampang, rumah ayahnya," ujarnya.

"Sabu ini belum sempat diedarkan oleh tersangka, jadi masih utuh," imbuh dia.

Dijelaskan, pada saat Barang Bukti (BB) diamankan, ternyata sabu tersebut terbungkus oleh wadah sabun dengan merek Lifebuoy sebanyak 16 bungkus.

"Dari masing-masing bungkus Lifebuoy diisi kurang lebih 80 gram sabu dan totalnya 1,2 Kg," terang AKP Harjanto Mukti Eko Utomo.

Ia menambahkan, untuk pengirim utama sabu dengan modus di bungkus wadah Lifebuoy tersebut saat ini terpantau ada di Malaysia.

Sehingga, pihaknya meminta doa kepada semua pihak agar terus bisa menggagalkan upaya penyelundupan narkoba ke Sampang.

"Semoga pengungkapan sabu seberat 1,2 Kg ini merupakan pembuka yang baik di 2021 ini," pungkasnya.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. SURYAMALANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved