Breaking News:

Berita Trenggalek Hari Ini

Isi Rangkaian HUT PDI Perjuangan (PDIP) di Trenggalek dengan Aksi Tanam Pohon di Bantaran Sungai

Isi Rangkaian HUT PDI Perjuangan (PDIP) di Trenggalek dengan Aksi Tanam Pohon di Bantaran Sungai

SURYAMALANG.COM/Aflahul
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat menanam pohon di Hari Jadi PDI Perjuangan, Minggu (10/1/2021). 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Peringatan Hari Jadi ke-48 PDI Perjuangan (PDIP) di Kabupaten Trenggalek diiringi dengan penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai, Minggu (10/1/2021).

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjelaskan, ada berbagai jenis pohon yang ditanam secara serentak di beberapa daerah.

Antara lain di sungai wilayah Desa Widoro, Kecamatan Gandusari dan Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin itu mengatakan, penanaman pohon itu selaras dengan tema yang diusung pada Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan, yakini kepribadian dalam kebudayaan.

“Kepribadian bangsa yang ingin kami dorong adalah mencintai lingkungan dan ekosistem,” kata pria yang menjabat sebagai Bupati Trenggalek itu.

Pohon ditanam di bantaran sungai juga bukan tanpa alasan. Beberapa waktu terakhir saat musim penghujan ini, banyak wilayah terendam banjir.

Nah, Mas Ipin ingin penanaman pohon bersama kader PDI Perjuangan dan warga setempat tersebut memunculkan jiwa peduli terhadap lingkungan.

Dengan peduli, kata Mas Ipin, seluruh elemen masyarakat akan menjaga. Bencana seperti banjir pun bisa diminimalisir.

“Kami mengajak semua warga menjaga kebersihan lingkungan dan menanam pohon. Dengan menanam pohon, kita akan memulihkan oksigen, menurunkan suhu dunia, dan mengurangi dampak bencana,” sambungnya.

Penanaman pohon juga dianggap selaras dengan visi-misi yang tertuang dalam jargon Meroket yang ia gagas di Trenggalek.

Dalam akronim Meroket, ada kepanjangan dari ekosistem yang terjaga. Harapannya, pembangunan di Trenggalek bisa terwujud dengan tetap mengedepankan kepentingan lingkungan.

Selain menanam pohon, DPC PDI Perjuangan Trenggalek juga membagikan 48 tumpeng ke warga. Hal ini juga dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan di daerah-daerah lain.

Kepala Desa Widoro Rohmad mengaku senang wilayahnya menjadi salah satu tempat penanaman pohon di Hari Jadi PDI Perjuangan.

Ia berharap, penanaman pohon bisa mendorong inovasi yang sedang desa gelorakan. Yakni membuat Desa Widoro menjadi menarik untuk dikunjungi oleh warga luar.

“Harapannya, pemerintah daerah akan mendukung inovasi yang dilakukan Desa Widoro,” kata Rohmad.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved