Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Pemkot Batu Gencarkan Pembersihan Sungai Brantas Hingga Enam Bulan ke Depan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu terus menggencarkan komitmen melindungi Sungai Brantas dari potensi kerusakan

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menanam bibit pohon beringin didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aries Setiawan di Arboretum Brantas, Minggu (10/1/2021) 

SURYAMALANG.COM, BATU - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu terus menggencarkan komitmen melindungi Sungai Brantas dari potensi kerusakan. Salah satu di antaranya adalah upaya konservasi dan edukasi menjaga sungai.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko memperkenalkan program terbaru yakni Shining Brantas, Sae Ning Brantas, Minggu (10/1/2021). Mulai Januari hingga Juli mendatang, Pemkot Batu bersama masyarakat akan giat membersihkan Sungai Brantas.

Dikatakan Dewanti, Kota Batu sebagai hulu Sungai Brantas memiliki peran penting untuk mengendalikan ekosistem sungai. Maka dari itu, gerakan yang nyata harus dilakukan.

“Sejak tiga tahun lalu ada Komunitas Sabers Pungli yang sangat peduli dengan Kali Brantas dan ekosistem sekitarnya di Kota Batu,” katanya, Minggu (10/1/2021).

Dewanti mengajak masyarakat agar lebih peduli dengan keberadaan Sungai Brantas. Pasalnya, Sungai Brantas tidak sekadar sebagai sungai saja, namun juga memiliki peran menopang pertanian, perikanan dan bahkan pariwisata.

“Mulai hulu sampai hilir harus terurus dengan rapi karena Sungai Brantas adalah sumber kehidupan yang mempunyai kebanggaan sendiri. Shining Brantas memiliki tema kearifan lokal, agar dapat mengangkat harkat martabat sungai sebagai sumber kehidupan,” terangnya.

Selama ini, kegiatan Sabers Pungli membersihkan Sungai Brantas hanya terdengar di Kota Batu saja. Pemkot Batu lalu menggandeng PDI Perjuangan yang sedang punya gawe di Kota Batu dalam rangka perayaan ulang tahun ke-48.

Dewanti mengatakan, tujuannya agar informasi terkait Sumber Brantas dan kegiatan Sabers Pungli bisa lebih luas diketahui. Bersama sejumlah tokoh PDI Perjuangan Jawa Timur, Dewanti menanam pohon di Arboretum Brantas.

“Di pusat agendanya di Sungai Ciliwung, kalau di Jatim di Sungai Brantas. Ketika ada info dari pengurus pusat, saya langsung teringat Sabers Pungli. Saya memberanikan diri agar kegiatan HUT PDI Perjuangan di Kota Batu.

Di sumber mata air Sungai Brantas, Dewanti juga menggelar ritual. Dewanti berharap, program-program upaya konservasi yang dilakukan di Kota Batu, seperti kebaradaan Sabers Pungli bisa mendapat perhatian dan menjadi program di tingkat Pemprov Jatim.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved