DPW PKB Klaim Sejumlah Kepala Daerah Terpilih di Pilkada Jatim Kembali Gabung PKB

Strategi menerima kembali para rival menjadi kader tersebut menjadi opsi penting bagi PKB.Dengan demikian, eksistensi PKB di kursi eksekutif terjaga

SURYAMALANG.COM/Bobby Constantine Koloway
Sekretaris DPW PKB Jawa Timur Anik Maslachah (dua dari kiri), Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi (tengah), dan Wakil Sekretaris DPW PKB sekaligus Calon Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa (dua dari kanan) memotong tumpeng, Senin (11/1/2021) sebagai bentuk syukur pasca sukses melaksanakan Muswil DPW PKB Jatim. 

Penulis : Bobby Koloway , Editor : Dyan rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sejumlah kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2020 disebut telah menjadi kader PKB.

Tak hanya untuk kepala daerah yang diusung PKB, namun juga beberapa kandidat yang selama ini menjadi rival.

Berdasarkan penjelasan Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, Anik Maslachah, hal ini pun telah masuk dalam putusan Musyawarah Wilayah (Muswil) PKB Jatim, Sabtu (9/1/2021) lalu.

"Beberapa Kepala Daerah terpilih yang kemarin diusung partai lain, hari ini kembali ke PKB," kata Anik kepada jurnalis, Senin (11/1/2021).

Anik menyebutkan dua Kepala Daerah tersebut antara lain: Bupati Gresik terpilih Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Trenggalek terpilih Syah Mohammad Natanegara. Pada pilkada, keduanya berangkat bukan dari PKB.

Soal strategi menarik dua figur tersebut, PKB menyebut hal ini karena inisiatif pribadi para kader tersebut.

"Sebenarnya, lebih karena rasa memiliki organisasi," klaim Anik yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

"Selama ini, mereka terdidik dan terbina juga dari PKB namun karena konstelasi Pilkada, mereka berangkat dari partai lain. Begitu selesai Pilkada, mereka akhirnya kembali ke PKB," katanya.

Tak sekadar sebagai kader, para kepala daerah tersebut juga akan diberikan sejumlah posisi di DPW.

"Hal itu yang nanti akan dibahas. Prinsipnya mereka menjadi kader dengan resmi menerima KTA (Kartu Tanda Anggota)," katanya.

Tak hanya dua daerah tersebut, Anik menyebut akan ada dua kepala daerah lain yang akan menyusul.

"Tunggu saja. Sebentar lagi akan bertambah lagi yang bergabung," ungkapnya.

Berdasarkan hasil Pilkada 2020, PKB hanya menang di lima daerah dari total 19 daerah. Yakni: Sidoarjo, Kediri, Ngawi, Blitar, dan Kota Pasuruan.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved