Breaking News:

Penanganan Covid

BREAKING NEWS : Penyebaran Virus Corona atau Covid-19 Tertinggi se Jatim Ada di Kota Batu

Data terakhir sampai siang ini rate of transmission (RT) virus Covid-19 tertinggi adalah Kota Batu. RT-nya di atas 2.

suryamalang.com/benni indo
ILUSTRASI - Pedagang Kaki Lima di Alun-alun Kota Batu menjalani tes cepat antibodi yang dilaksanakan oleh Pemkot Batu, Minggu (27/12/2020). 

Penulis : Fatimatuz Zahroh , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Tim Ahli Satgas Covid-19 Jatim menyatakan penyebaran Covid-19 atau virus corona tertinggi di Jatim ada di Kota Batu.

Tim Ahli Satgas Covid-19 Jatim, Makhyan Jibril Al Faraby mengatakan bahwa laju penyebaran virus atau rate of transmisson virus corona di Jatim memang mencolok tinggi di beberapa daerah.

Terutama yang tertinggi ada di Kota Batu. Di mana angka tersebut menandakan bahwa penyebaran virus di daerah tersebut sangat cepat dan sangat rawan.

"Data terakhir sampai siang ini rate of transmission (RT) virus Covid-19 tertinggi adalah Kota Batu. RT-nya di atas 2. Padahal, RT virus disebut normal atau aman jika dibawah angka 1. Nah, Kota Batu di atas 2, berarti kondisinya sangat rawan,’’ kata Jibril, Selasa (12/1/2021).

Tidak hanya itu, Jibril menegaskan bahwa sejumlah daerah yang laju penyebaran virusnya masih tinggi juga di Kabupaten Mokokerto, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Magetan dan juga Kabupaten Trenggalek.

Daerah tersebut rate of transmisson nya mendekati angka 2.

"Dari data yang ada daerah yang RT virusnya di bawah angka 1 ada dua. Yakni Tulungagung dan Lumajang. Enam daerah lainnya, yakni Jember, Situbondo, Tuban, Probolinggo, Pamekasan, dan Sampang, berada di angka 1," sebut Jibril.

Oleh sebab itu, dengan PPKM yang sudah dilakukan hari kedua ini, ia berharap agar ke depan kepatuhan masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan bisa meningkat.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memerintahkan kepala daerah tak hanya di 11 daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) melainkan seluruh daerah di Jatim untuk meningkatkan operasi yustisi protokol kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved