Breaking News:

Berita Trenggalek Hari Ini

Usia Produktif Dominasi Kasus Positif Covid-19, Ini Imbauan Bupati Trenggalek Mas Ipin

Orang usia produktif mendominasi kasus corona atau Covid-19 di Trenggalek, yakni sekitar 35,2 persen.

aflahul abidin/suryamalang.com
ILustrasi - Seorang warga mengikuti rapid test antigen setelah terjaring razia acak di perbatasan Trenggalek-Tulungagung. Rapid test antigen dilaksanakan di puskesmas. 

SURYAMALANG.COM | TRENGGALEK - Orang usia produktif mendominasi kasus corona atau Covid-19 di Trenggalek.

Data Satgas Covid-19 Trenggalek menunjukkan kelompok usia produktif, yakni antara 21-45 tahun, paling banyak terkonfirmasi Covid-19, yakni sekitar 35,2 persen dari total warga yang terpapar virus corona.

"Artinya usia produktif yang selama ini merasa imunnya kuat, tetap bisa tertular Covid-19. Bahkan di sini malah menjadi proposi terbanyak," kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin atau Mas Ipin, Jumat (15/1/2021).

Hal tersebut, menurut dia, berkaitan dengan mobilitas, gaya hidup, pergaulan, dan kebiasaan nongkrong oleh warga usia produktif itu.

Data lain Satgas Covid-19 Trenggalek menunjukkan, transmission rate Covid-19 di wilayahnya sebesar 1,74 persen.

Mas Ipin menjelaskan, transmission rate itu menunjukkan bahwa seorang warga terpapar Covid-19 di Trenggalek berpotensi menulari dua orang.

"Bayangkan, ada satu orang tidak terindentifikasi, memakai masker, makin banyak orang terpapar dan makin cepat transmission rate di sini," sambung dia.

Sementara itu, warga yang meninggal akibat Covid-19 di Trenggalek didominasi oleh mereka yang tak memiliki penyakit penyerta, yakni sekitar 70-80 persen.

"Artinya, Covid-19 ini benar-benar mematikan dan menulari semua kalangan, bahkan usia produktif sekalipun," sambung dia.

Atas dasar itu, Mas Ipin meminta seluruh warga untuk menaati aturan yang diberlakukan selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Seperti diketahui, Kabupaten Trenggalek secara inisiatif melaksanakan PPKM hingga 25 Desember nanti.

Beberapa kegiatan masyarakat dibatasi selama pemberlakuan PPKM.

"Saya meminta dukungan seluruh masyarakat warga Trenggalek dalam PPKM untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19," ungkap dia.

Catatan Redaksi: Bersama kita lawan virus corona. SURYAMALANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved