Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Mengintip Platform Edukasi untuk Pendaki Karya Alumnus FK Unair Surabaya, Reyner Valiant Tumbelaka

Alumnus FK Unair Surabaya, Reyner Valiant Tumbelaka membangun platform edukasi untuk pedaki bernama @dokterpendaki

Editor: Zainuddin
Reyner Valiant Tumbelaka berpose di puncak Gunung Pundak, Mojokerto 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA -  Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya, Reyner Valiant Tumbelaka membangun platform edukasi untuk pedaki bernama @dokterpendaki.

Reyner itu mengaku latar belakang pembuatan @dokterpendaki berawal ketika menjalankan hobinya di mountaineering dan mendapati peristiwa yang miris.

“Saya menilai pembangunan infrastruktur dan fasilitas di berbagai taman nasional serta promosi pariwisata Indonesia berimbas pada peningkatan jumlah pendaki."

"Namun, angka kecelakaan hingga kematian saat pendakian juga semakin meningkat,” jelas Reyner kepada SURYAMALANG.COM, Senin (18/1/2021)

Pria kelahiran Kendari, 27 September 1989 itu mengungkapkan sebenarnya hal tersebut tidak akan terjadi jika para pendaki dibekali dan diedukasi dengan pengetahuan yang tepat tentang kedokteran pendakian berbasis ilmiah.

Menurutnya, sejauh ini belum ada platform edukasi yang khusus membahas tentang kedokteran pendakian yang dibahas para profesional dan bisa dipahami siapa saja.

Melalui platform tersebut, Reyner berusaha mengedukasi perihal pencegahan dan penanganan korban ketika dalam pendakian.

Edukasinya mulai dari yang umum seperti rawat luka, penanganan keram, luka bakar, bantuan hidup dasar, sampai yang spesifik seperti Acute mountain sickness  maupun transportasi korban di tengah pendakian.

Reyner dan rekannya, dr. Clarissa Azalia mengemasnya dalam bentuk post linimasa, instastory, hingga webinar via Zoom dan live Instagram.

Pematerinya merupakan dokter-dokter spesialis dari berbagai kota di Indonesia yang concern sesuai topik, maupun pendaki professional yang sudah mencapai tujuh puncak tertinggi dunia.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved