Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Longsor Menjadi Bencana Alam Paling Banyak Terjadi di Kota Batu, Ada 26 Titik Longsor di Awal 2021

BPBD Batu mencatat ada 26 titik longsor di Kota Batu. Kemudian luapan banjir di 4 titik dan 3 kejadian plengsengan ambrol.

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Kendaraan berat membersihkan material tanah yang longsor ke jalan di kawasan Desa Tlekung, Kota Batu, Senin (18/1/2021). Bencana alam longsor paling banyak terjadi di Kota Batu ketika musim penghujan datang. 

Penulis : Benni Indo , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, BATU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu mencatat 33 bencana alam terjadi di Kota Batu sejak awal Januari 2021.

Bencana alam tanah longsor merupakan bencana yang paling banyak terjadi.

Longsor telah menjadi langganan ketika musim penghujan datang.

BPBD Batu mencatat ada 26 titik longsor di Kota Batu. Kemudian luapan banjir di 4 titik dan 3 kejadian plengsengan ambrol.

Musim penghujan kali ini disertai fenomena La Nina.

Dibanding tahun lalu, curah hujan harian lebih tinggi. Curah hujan harian di Kota Batu bisa mencapai 300-500 milimeter pada musim ini.

Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan rentetan 33 bencana tersebut terjadi sejak awal Januari hingga 18 Januari 2021.

Bencana longsor masih mendominasi, lantaran topografi Kota Batu dikelilingi perbukitan.

“Untuk dampak yang ditimbulkan ada beberapa. Mulai dari plengsengan ambrol, rumah rusak, hingga drainase rusak. Secara material seluruh kerugian diperkirakan mencapai Rp 1,6 miliar,” ujar Rochim, Selasa (19/1/2020).

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved