Breaking News:

Penanganan Covid

PMI Kediri Akhirnya Terima Pendonor Plasma Konvalesen Pertama dari Penyintas Covid-19

Salah seorang pendonor plasma ini merupakan bagian dari 50 orang penyintas Covid-19 yang sudah mendaftarkan diri ke PMI Kota Kediri.

SURYAMALANG.COM/Farid Mukarrom
Donor Plasma Konvaselen pertama di Kota Kediri Rabu (20/1/2021) 

Penulis : Farid Mukarrom , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - PMI Kota Kediri akhirnya terima donor Plasma Konvaselen untuk Covid-19 pertama kali pada Rabu (20/1/2021).

Pendonor plasma konvalesen pertama di Kediri ini adalah Heru Sutopo warga Kampung Dalem Kecamatan Kota Kediri.

Pendonor Plasma Konvalesen pertama ini sebelumnya sudah melalui tahapan syarat yang sudah ditetapkan.

Salah seorang pendonor plasma ini merupakan bagian dari 50 orang penyintas Covid-19 yang sudah mendaftarkan diri ke PMI Kota Kediri.

Kepala Unit Tranfusi Darah PMI Kota Kediri dr Ira Widyastuti menjelaskan bahwa pihaknya sudah memiliki alat untuk melakukan donor Plasma sejak bulan Agustus 2020.

"Kami kemudian pada September melakukan gerilya hingga Januari 2021 dan sudah ada 50 penyitas Covid-19. Kemudian dari 50 penyitas Covid-19 hanya ada 1 yang memenuhi syarat," ucapnya di Kantor PMI Kota Kediri Rabu (20/1/2021).

Salah satu syarat utama menjadi donor Plasma ini adalah mereka yang pernah mengalami gejala Covid-19 baik mulai sedang hingga berat.

"Pertama ini umur 18 - 60 Tahun (apabila wanita yang belum pernah hamil), Berat badan minimal 55 kg, Pernah di Diagnosis sebagai Pasien Covid-19 dengan hasil Positif," ungkapnya.

Heru Sutopo, sebagai pendonor pertama di Kediri mengatakan sejak awal ia berjanji jika sembuh dari Covid-19, dia akan menjadi pendonor.

"Saya dinyatakan positif Covid-19 pada 23 Desember 2020 lalu dan dinyatakan sembuh pada 4 Januari lalu. Pada saat sakit saya berjanji jika sembuh akan melakukan donor plasma," tuturnya.

Masih kata Heru bahwa kunci kesuksesan dalam penyembuhan Covid-19 adalah menjaga stres.

"Awalnya saya juga stres saat tahu pertama positif Covid-19. Namun saya coba menjaga pikiran saya agar tidak stres dan memaksa untuk makan," tutupnya.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. SURYAMALANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Penulis: Farid Farid
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved