Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Universitas Brawijaya Beri Bocoran Strategi, Ini 15 Prodi Dengan Peminat Terbanyak di SNMPTN 2020

Dalam SNMPTN 2020, UB menjadi kampus paling diminati peserta, yaitu ada 30.932 siswa. Hal ini karena kuota Maba UB besar di antara PTN yang ada.

ISTIMEWA
Hery Prawoto, Kabag Perencanaan Akademik dan Kerjasama Universitas Brawijaya (UB) mensosialisasikan sistem seleksi masuk PTN lewat SNMPTN dan UTBK-SBMPTN secara daring pada siswa dan guru BK dari beberapa daerah, Rabu (20/1/2021). 

Penulis : Sylvianita Widyawati , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Universitas Brawijaya (UB) menyebut ada 15 prodi dengan peminat terbanyak di SNMPTN 2020.

Adapun 15 prodi yang paling banyak peminatnya adalah Farmasi, Ilmu Aktuaria, Ilmu Gizi, Kedokteran, Sistem Informasi, Kedokteran Gigi, Teknik Sipil, Artsitektur, Manajemen, Teknik Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Ilmu Dan Teknologi Pangan, Teknik Lingkungan dan Kewirausahaan.

"Farmasi peminatnya 1200 dan daya tampungnya 36. Jika jadi pilihan kedua, ya kecil diterima. Sebab pemilih pertamanya sudah banyak," jelas Hery Prawoto, Kabag Perencanaan Akademik dan Kerjasama UB dalam sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN 2021 lewat daring , Rabu (20/1/2021).

Prodi baru Ilmu Aktuaria di FMIPA, meski baru, tingkat keketatannya tinggi. 1:23. Begitu juga di prodi Sistem Informasi.

Di acara itu, seorang guru BK SMKN menanyakan peluang siswa SMK masuk di Prodi Komunikasi di Fisip.

Hery menjelaskan ada beberapa fakultas yang tidak mau menerima dari SMK, seperti Fisip dan Kedokteran.

Kecuali Prodi Farmasi masih mau menerima siswa dari SMK Farmasi, namun fakultas lainnya hanya menerima siswa dari SMA dan MA.

Ia menyarankan juga pilihan prodi tidak lintas jurusan karena khawatir bukan passionnya sehingga menjadi kendala dalam menyelesaikan kuliahnya kelak.

Misalkan jika jurusan IPA ya di prodi-prodi Saintek. Begitu juga yang IPS ke prodi-prodi Soshum.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved