Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Sembuh Covid-19, Kepala Dinkes Kabupaten Malang Bersedia Donor Plasma Konvalesen

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo, menyatakan kesiapannya untuk mendonorkan plasma konvalesen.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: isy
erwin wicaksono/suryamalang.com
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo, Senin (21/9/2020) malam. 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo, menyatakan kesiapannya untuk mendonorkan plasma konvalesen. 

Arbani menceritakan sempat terkonfirmasi Covid-19 beberapa waktu lalu melalui tes PCR. Setelah menjalani beberapa rangkaian isolasi mandiri. Setelah itu, Arbani diketahui negatif usai menjalani tes PCR kembali.

"Saya sudah positif dan sembuh. Sehingga saya bisa menjadi pendonor plasma konvalesen," ujar Arbani ketika dikonfirmasi pada Kamis (21/1/2021).

Pria yang mengawali karir sebagai dokter gigi ini menyatakan, ribuan pasien sembuh Covid-19 di Kabupaten Malang bisa menjadi pendonor plasma konvalesen.

"Ada 1.674 orang yang sembuh Covid-19 ini bisa menjadi donor kalau mereka mau," ujar mantan Direktur Utama RSUD Lawang itu.

Kata Arbani, ada syarat wajib yang harus dipenuhi calon pendonor plasma konvalesen.

Penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma konvalesen-nya asalkan tdak memiliki penyakit menular seperti HIV/AIDS mauun penyakit menular lainnya.

"Meski dia punya penyakit penyerta (komorbid) lalu sembuh masih bisa. Tapi yang tidak boleh itu mempunyai penyakit yang menular," beber Arbani.

Terkait berbagai indikator dan kriteria donor, Arbani menjelaskan Palang Merah Indonesia (PMI) lebih mengetahuinya.

"Indikatornya dan syaratnya ada di PMI.By name by adress kami siapkan. Nanti akan diverifikasi dulu oleh PMI Kabupaten Malang," tutup Arbani.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved