Breaking News:

Berita Kediri Hari Ini

Pria Nganjuk Ngaku Sebagai Penasihat Spiritual Presiden, Polisi Sita Emas Batangan Palsu dan Jenglot

Sumaryono mengaku sebagai penasihat spiritual di istana Presiden Jokowi saat berulah di Kediri.

Penulis: Farid Farid | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Farid Mukarrom
Sumaryono mengaku sebagai penasihat spiritual di istana Presiden Jokowi saat berulah di Kediri. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Sumaryono mengaku sebagai penasihat spiritual di istana Presiden Jokowi saat berulah di Kediri.

Kini pria asal Desa Kedungrejo, Baron, Nganjuk itu harus mendekam di penjara Polres Kediri.

Kasus penipuan ini bermula saat tersangka mendatangi warga di Plosoklaten pada 29 Desember 2020.

Awalnya pelaku meminta izin syuting di tempat itu untuk konten media sosial.

"Pelaku mengaku sebagai penasihat spiritual yang biasa praktik di Istana Presiden. Dia juga menawarkan bantuan gaib kepada korban," ucap AKP Gilang Akbar, Kasatreskrim polres Kediri kepada SURYAMALANG.COM, Jumat (22/1/2021).

Untuk meyakinkan korban, tersangka menceritakan banyak hal, mulai dari Pilbup Kediri, sampai mengaku bisa meniadakan penambang pasir ilegal di daerah perkebunan dengan cara gaib.

"Ujung-ujungnya, pelaku minta korban untuk menyerahkan mahar sebesar Rp 90 juta. Katanya, uang itu untuk membeli minyak apel jin."

"Pelaku juga minta uang Rp 360 juta untuk membeli kaca benggala, dan uang Rp 3 juta untuk membeli kayu tombak," jelas AKP Gilang Akbar.

Aksi penipuan ini terbongkar saat pelaku dan korbannya akan transaksi di ATM Kecamatan Warujayeng, Nganjuk pada 19 Januari 2021 pukul 16.30 WIB.

"Satpam bank curiga pada gerak-gerik mereka. Kemudian satpam memeriksa mereka. Setelah diinterogasi, pelaku diserahkan ke anggota Opsnal Polres Kediri," tuturnya.

Dalam kasus ini polisi menyita tombak, kaca berisi minyak, tiga cincin akik, delapan stempel, tatakan, tiga bendel buku pembukuan, sembilan keris, empat minyak pancawarna, empat emas batangan palsu bergambar Presiden Soekarno, kotak berisi 12 cincin akik, dan dua kotak berisi jenglot

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved