Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Fraksi Partai Gerindra se-Jatim Rela Potong Gaji Demi Bantu Korban Bencana Alam

Plt Ketua Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad menyebut ini menjadi gerakan bersama para kader Gerindra di semua tingkatan. Baik di DPP maupun DPD

SURYAMALANG.COM/Bobby
Plt Ketua Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad memimpin Rapat Koordinasi Gerindra Jatim, Sabtu (23/1/2021) di Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Fraksi Partai Gerindra di DPRD se-Jawa Timur rela memotong gajinya secara sukarela. Ini untuk membantu para korban bencana alam di sejumlah daerah di Indonesia.

Plt Ketua Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad menyebut ini menjadi gerakan bersama para kader Gerindra di semua tingkatan. Baik di DPP maupun DPD (provinsi) untuk menyumbangkan sebagian gajinya.

"Gerakan ini menjadi ikhtiar kami untuk meringankan para korban bencana alam. Sekali pun, tak ada instruksi resmi dari DPP," kata Sadad kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (24/1/2021).

Gerakan moral ini menjadi bentuk empati para Kader Gerindra kepada korban. Tak hanya kader di provinsi, hal ini disebut juga diikuti para kader di daerah kabupaten/kota.

"Walaupun demikian, ini lebih kepada kesadaran masing-masing kader. Kita semua, bagian dari rakyat harus memberikan empati kepada masyarakat yang mendapat bencana," katanya.

Rencananya, sumbangan dari Gerindra Jatim akan disumbang kepada bencana alam di Indonesia. Termasuk, untuk korban gempa bumi di Mamuju Sulawesi Barat yang mengakibatkan 91 orang meninggal dunia.

Sadad yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini mengambil hikmah dari serangkaian bencana alam ini.

"Ada pesan moral. Partai Gerindra mengajak kita semua untuk memperhatikan keseimbangan alam," katanya.

"Jangan sampai pembangunan mengabaikan keseimbangan alam. Sebab, beberapa spekulasi yang berkembang, ada faktor keteledoran dalam pengelolaan alam karena mementingkan pembangunan mengakibatkan bencana," katanya.

Tak hanya di DPRD, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani sebelumnya juga menginstruksikan seluruh kadernya di DPR untuk memotong gajinya guna membantu beban warga di daerah yang menjadi korban bencana.

Pemotongan gaji tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak bencana di berbagai wilayah Indonesia.

"Kepada anggota kader DPR RI Gerindra saya meminta untuk menyisihkan gaji mereka untuk membantu saudara-saudara kita di daerah bencana," ujar Ahmad Muzani, Selasa (19/1/2021).

"Bantuan yang diberikan Gerindra dalam bentuk apapun. Hal ini sebagai bentuk kepedulian sebagai keluarga besar bangsa Indonesia," imbuhnya. 

Ia menyebutkan beberapa waktu terakhir masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berbagai peristiwa kecelakaan dan bencana alam, seperti jatuhnya pesawat Sriwijaya Air, tanah longsor di Sumedang, banjir di Kalimantan Selatan.

Selain itu, gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir rob di Manado, meletusnya Gunung Semeru serta berbagai bencana banjir dan longsor di berbagai kota dan kabupaten di Nusantara, termasuk Jawa Timur.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved