Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Bappelitbangda Batu Sosialisasikan Permendagri No 90/2019

Bappelitbangda Batu melakukan pembinaan pelaksanaan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 kepada tujuh desa serta satu kelurahan di Kecamatan Junrejo

benni indo/suryamalang.com
Kegiatan pembinaan pelaksanaan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 oleh Bappelitbangda Batu, Rabu (27/1/2021). 

SURYAMALANG.COM | BATU – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Batu melakukan pembinaan pelaksanaan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 kepada tujuh desa serta satu kelurahan di Kecamatan Junrejo.

Dalam Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tersebut, berisi perubahan mendasar terkait klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur program/kegiatan pada dokumen perencanaan RKPD tahun 2021.

Perencanaan dan pelaporan penganggaran yang disusun OPD pemerintah daerah harus dimasukkan dalam sistem informasi pemerintah daerah (SIPD).

Pemerintah desa juga tak lepas dari kebijakan ini.

Perencanaan penganggaran di tingkat pemerintahan desa harus dimasukkan dalam SIPD.

Karena masih terbilang baru, para perangkat desa diberikan pembinaan dalam mengimplementasikan instrumen yang terpusat di Kemendagri ini.

Kepala Bidang Pemsosbud Bappelitbangda, Rizaldi mengatakan, pembinaan ini untuk memberi pemahaman kepada perangkat desa, khususnya operator untuk menyusun perencanaan anggaran.

"Yang perlu diketahui adalah memberikan pemahaman cara memasukan usulan dari hasil Musrenbangdes ke dalam SIPD,” papar dia, Rabu (27/1/2021).

Ia mengatakan, metode ini masih baru dan sifatnya menyeluruh pada tataran nasional.

Pemdes diwajibkan memasukkan usulan musrenbangdes ke dalam SIPD untuk perencanaan program pada 2022.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved