Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Ratusan Kandidat Sarjana Mengabdi Unisma Dilepas dan Berkiprah Sesuai Domisili

mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) dilepas secara virtual oleh Dr Suprapedi MEng Sc, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: eko darmoko
Unisma
Pelepasan secara simbolis Kandidat Sarjana Mengabdi Universitas Islam Malang (Unisma), Sabtu (30/1/2021). KSM diadakan mulai 1 Februari sampai 2 Maret 2021 sesuai domisili mahasiswa. Mereka tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri seperti di Thailand dan Timor Leste. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sekitar 800-an mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) dilepas secara virtual oleh Dr Suprapedi MEng Sc, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Sabtu (30/1/2021).

Mereka akan menjalani kegiatan Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) tematik mulai 1 Februari sampai 2 Maret 2021.

Menurut Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi, KSM adalah pergantian nama dari KKN tematik.

"Ini pertama kalinya KSM setelah merubah nama KKN. Dengan memakai KSM, maka tanggung jawab tinggi pada mahasiswa yang melaksanakan pengabdian, mereka punya kearifian, keperdulian dan moral yang baik," kata Rektor. KSM dilakukan sesuai domisili mahasiswa.

Dari datanya, mereka tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri seperti Thailand dan Timor Leste. Domisili mahasiswa KSM antara lain di Jatim, Jateng, Jabar, Bangka Belitung, Kalimantan, Nusa Tengga dan Bali.

"Kalau jumlah mahasiswa asing yang ikut KSM ada 15 an. Termasuk Thailand dan Timor Leste," jelas Maskuri.

Menurutnya, mahasiswa sangat antusias dengan model KSM.

"Termasuk memberikan ide-ide dan disampaikan ke DPL (Dosen Pembimbing Lapang) dan kemudian diarahkan oleh DPL," ujarnya.

Dikatakan, model KSM juga mengaplikasikan program Kampus Merdeka.

Mahasiswa yang ikut KSM, Laili Halimatus menyatakan senang dengan ikut KSM karena bisa mengabdi di Kota Batu, sesuai domisili dan mengenali daerahnya.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved