Breaking News:

Berita Probolinggo Hari Ini

Stebby Julionatan Pegawai Diskominfo Kota Probolinggo, Penulis yang 'Nyemplung' di Kajian Gender

Stebby Julionatan Pegawai Diskominfo Kota Probolinggo, Penulis yang 'Nyemplung' di Kajian Gender

dok pribadi
Stebby Julionatan 

SURYAMALANG.COM, PROBOLINGGO - Stebby Julionatan, pegawai Diskominfo Kota Probolinggo, berbagi kisah tentang sepak terjangnya di dunia literasi.

Tak hanya berkutat pada orbit kepenulisan, Stebby juga punya kesibukan lainnya sebagai penyiar radio, selain rutinitas pekerjaan di Diskominfo Kota Probolinggo.

Selain militan di jalur penulisan sastra, utamanya prosa dan puisi, Stebby juga menekuni jagat penulisan di ranah non fiksi. Tepatnya adalah sebagai penulis biografi.

Nah, demi mengepakkan sayapnya di dunia literasi, sarjana lulusan Pendidikan Bahasa Inggris - STKIP PGRI Pasuruan (sekarang Uniwara) ini meneruskan jenjang studi di Universitas Indonesia.

Stebby dinyatakan lolos di jurusan Kajian Gender, Fakultas Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Tentunya bagi awam, jurusan ini dipandang 'aneh' atau tidak umum, jika dibandingkan dengan disiplin ilmu seperti ekonomi, hukum, atau kedokteran.

Stebby pun memberi alasan, bahwa jurusan ini diyakini bisa menambah wawasannya dalam mengarungi orbit kepenulisannya.

"Saya ingin menebus ketidak-puasan di masa silam. Boleh dikata, saya merasa kurang maksimal ketika menempuh S1. Saya ingin mendapatkan pengalaman belajar di salah satu kampus terbaik di Indonesia," kata Stebby Julionatan, Jumat (5/2/2021).

Di dunia kepenulisan, Stebby pernah mendapatkan kontrak senilai Rp 20 juta dari sebuah penerbitan. Nilai kontrak ini diakuinya sebagai yang tertinggi sepanjang karier kepenulisannya.

Ketika disinggung apakah nanti rutinitas kuliahnya bakal menganggu pekerjaannya, Stebby menjawab: "Saya bekerja sebagai staf komunikasi non-ASN di Pemkot Probolinggo, tentunya kuliah tidak berpengaruh pada pekerjaan," ucapnya.

"Semoga dengan kuliah di jurusan Kajian Gender, pemahaman saya tentang manusia dan dunia bisa bertambah. Saya ingin seperti ruji sepeda yang bisa memandang segala sesuatu dari banyak sisi," imbuhnya sambil berfilosofi.

Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved