Breaking News:

Travelling

Mengintip Kelezatan Rawon Setan di Jalan Embong Malang, Surabaya! Awas Kecanduan Slurrr

Satu di antaranya ialah Rawon Setan yang terkenal dengan menu khas makanan Surabaya, yaitu rawon dan sup daging tradisional Indonesia.

SURYAMALANG.COM/Zainal Arif
Rawon Setan di Jalan Embong Malang, Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Surabaya memiliki berbagai macam menu kuliner enak yang menggugah selera dan diminati oleh warga dalam dan luar daerah.

Satu di antaranya ialah Rawon Setan yang terkenal dengan menu khas makanan Surabaya, yaitu rawon dan sup daging tradisional Indonesia.

Tempat makan yang terletak di Jl Embong Malang, Surabaya ini menyajikan rawon dengan rasa manis dan pedas yang berpadu menjadi satu.

Meskipun harus menghadapi masa sulit saat pandemi virus corona, Owner Rawon Setan, Lusiati menjelaskan rawon setan dijual dengan harga yang sama dengan sebelum pandemi, Rp 36 ribu.

Pengunjung menikmati Rawon Setan di Jalan Embong Malang, Surabaya.
Pengunjung menikmati Rawon Setan di Jalan Embong Malang, Surabaya. (SURYAMALANG.COM/Zainal Arif)

"Meskipun bahan-bahan di pasar harganya naik kami tidak menaikan harga, untuk bahan rawon ini kami ambil dari Surabaya semua," ungkap Lusiati kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (13/2/2021).

Lusiati menegaskan akan tetap mempertahankan eksistensi Rawon Setan karena ia mengklaim rawon setan sudah menjadi satu di antara tempat ikon Kota Surabaya.

"Banyak pelanggan luar kota dan daerah bilang, kalau ke Surabaya tidak mencoba rawon setan rasanya tidak afdol," ujarnya.

Meskipun mengalami penurunan jumlah pelanggan Lusiati tetap bertekad untuk tetap menjual rawon sebagai makanan tradisional khas Surabaya.

"Penjualan rawon turun sekali sampai 50 persen, biasanya habis sampai 100 sampai 130 kilo, sekarang habis 40 sampai 50 kilo. Tapi kami tetap jual karena takut mengecewakan pelanggan," ungkapnya.

Menyikapi perkembangan teknologi di era Pandemi, Lusiati juga ikut memanfaatkan peluang untuk menggunakan jasa platform online dan menyambut baik banyaknya pelanggan untuk menggunakan layanan take away.

"Ya lumayan membantu untuk pemasukan karena banyak juga yang pesan lewat media gojek dan grab. Di samping itu, kami juga senang banyak pelanggan yang memilih bungkus atau take away karena dapat meminimalisir penyebaran Covid-19," terangnya.

Satu di antara pelanggan yang menyantap makanan, Melin Cahya merasa bersyukur meski dimasa Pandemi tetap dapat menyantap rawon favoritnya tersebut.

"Dari kecil saya suka rawon, tapi paling enak memang disini (Rawon Setan) karena dagingnya lembut dan enak bangetlah pokoknya," ujarnya. (M Zainal Arif)

Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved