Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Jalan Raya Sawojajar Jadi Satu Arah, Dishub Kota Malang Sosialisasi dan Pasang Rambu Lalu Lintas

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang mulai menerapkan Jalan Raya Sawojajar menjadi satu arah sebagai upaya mengurai kepadatan arus lalu lintas.

SURYAMALANG.COM/Kukuh Kurniawan
Plt Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto saat mengawasi pemasangan rambu lalu lintas di Jalan Raya Sawojajar. 

Penulis : Kukuh Kurniawan , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Jalan Raya kini berlaku untuk satu arah terhitung mulai Minggu (14/2/2021).

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang mulai menerapkan Jalan Raya Sawojajar menjadi satu arah sebagai upaya mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Nampak dari pantauan di lokasi, petugas Dishub Kota Malang telah memasang beberapa rambu lalu lintas di Jalan Raya Sawojajar.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Handi Priyanto mengatakan hal ini dilakukan, berdasarkan hasil rapat forum lalu lintas beberapa waktu yang lalu.

"Menindaklanjuti hasil rapat forum lalu lintas tersebut, diputuskan bahwa jalan kembar Raya Sawojajar dibuat masing - masing menjadi satu arah. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak pengembang, dan tidak ada masalah," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Dengan diberlakukannya satu arah, maka arus lalu lintas dari arah utara menuju ke selatan, melintas di Jalan Raya Sawojajar bagian sisi timur (depan Ruko WOW Sawojajar).

"Sedangkan untuk arus lalu lintas dari arah selatan ke utara, melintas di Jalan Raya Sawojajar bagian sisi barat," tambahnya.

Ia menjelaskan, bahwa penerapan perubahan arus lalu lintas tersebut diterapkan mulai hari ini.

"Hari ini rambu selesai kami pasang, dan setelah itu mulai diterapkan satu arah di Jalan Raya Sawojajar. Dan di lokasi, kami sudah tempatkan personel untuk melakukan pengaturan lalu lintas sekaligus melakukan sosialisasi ke masyarakat," terangnya.

Dirinya juga mengungkapkan, alasan pemberlakuan satu arah di Jalan Raya Sawojajar, adalah untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas yang sering terjadi.

Karena sebelum diberlakukan satu arah, di kawasan tersebut sering terjadi kepadatan arus lalu lintas. Selain itu juga rawan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

"Dan di tahun 2020, kami telah memasang ATCS di bagian sisi utara dan sisi selatan (Jalan Raya Sawojajar). Dan setelah ATCS itu terkoneksi dengan ATCS yang ada di Jalan Danau Toba dan Simpang Sulfat, barulah kami menerapkan ini (penerapan satu arah di Jalan Raya Sawojajar)," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved