Breaking News:

BREAKING NEWS : MK Tolak Gugatan Paslon Wali Kota Machfud-Mujiaman untuk Sengketa Pilkada Surabaya

Dalam sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah Surabaya, sejumlah dalil yang disampaikan Machfud-Mujiaman tidak meyakinkan

ISTIMEWA
Ilustrasi suasana sidang MK.  

Penulis : Bobby Koloway , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak gugatan pasangan calon wali kota dan wakilnya, Machfud Arifin-Mujiaman, Selasa (16/2/2021).

Dalam sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah Surabaya, sejumlah dalil yang disampaikan Machfud-Mujiaman tidak meyakinkan majelis hakim. 

"Menyatakan Permohonan Pemohon tidak dapat diterima," kata Ketua MK, Anwar Usman, Selasa (16/2/2021) dalam sidang yang juga disiarkan secara virtual. 

Sejumlah pertimbangan MK memutuskan hal tersebut.

Di antaranya dalil Machfud-Mujiaman tentang keterlibatan Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya dalam pemenangan Eri-Armuji yang tidak terbukti. 

"Tidak ada larangan bagi kepala daerah untuk melakukan kampanye bagi pasangan calon yang mengikuti pilkada, selama memenuhi syarat ditentukan," kata Hakim MK Manahan Sitompul. 

Mahkamah menemukan fakta bahwa Tri Rismaharini mendapatkan surat tugas dari DPP PDIP untuk menjadi juru kampanye tim pemenangan pasangan calon Eri-Armuji.

"Mahkamah juga menemukan fakta bahwa Tri Rismaharini mengajukan cuti kampanye kepada Gubernur," terang Manahan. 

Termasuk mengenai surat terbuka dari Tri Rismaharini dan bahan kampanye yang menggunakan nama dan gambar Foto Tri Rismaharini.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved