Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Hasil Uji Lab, Air Tercemar di Junrejo Berbahaya untuk Anak-anak dan Peternakan

Perum Jasa Tirta 1 telah mengeluarkan hasil uji laboratorium dari contoh air tercemar yang dikirim warga Desa Junrejo pada 1 Februari 2021.

HIPPAM JUNREJO
Kondisi air yang tercemar lindi TPA Tlekung, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Perum Jasa Tirta 1 telah mengeluarkan hasil uji laboratorium dari contoh air tercemar yang dikirim warga Desa Junrejo pada 1 Februari 2021.

Berdasarkan rilis resmi dari Pengawas HIPPAM RW 01 Desa Junrejo, Bayu Sakti menerangkan dari 7 parameter uji, hanya 2 parameter yang masuk dalam standar baku mutu, yaitu: pH air 7,43 dari standar 6-9 dan TSS atau sifat pengotor air yang melayang/suspended sebesar 165,8 mg/L dari standar baku mutu maksimum 400 mg/L.

"Parameter selebihnya hasilnya jauh kurang atau jauh melebihi standar baku mutu," ujar Bayu, Rabu (17/2/2021).

Lima parameter itu asalah DO atau oksigen terlarut untuk sifat daya dukung makhluk hidup sebesar 0,5 mg O2/L dari standar baku mutu minimum 3 mg O2/L atau hanya seperenamnya.

Kedua, BOD sebesar 66,45 mg/L dari baku mutu maksimum 6 mg/L.

ketiga, COD sebesar 211 mg/L dari baku mutu maksimum 50 mg/L.

Keempat Amonia, yang menyebabkan air menimbulkan bau, sebesar 7,136 mg/L.

Terakhir, Posphat Total (PO4-P) sebesar 1,808 mg/L dari baku mutu maksimum 1 mg/L.

"Dari hasil di atas, Pengawas HIPPAM Sumber Kembang meminta kepada jajaran pengurus HIPPAM agar benar-benar mengamankan tandon air dan jaringan pipa air bersih supaya tidak sampai kemasukan air sungai, utamanya saat banjir," papar Bayu.

Sembari menunggu hasil uji air bersih yang dikonsumsi warga. Bayu juga mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan air sungai untuk keperluan perikanan dan peternakan. Serta anak-anak sebaiknya dilarang mandi atau bermain-main di sungai.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved