Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pertahankan Predikat Pelayanan Prima, Polresta Malang Kota Komitmen Terus Jaga Kualitas Pelayanan

Polresta Malang Kota berhasil meraih penghargaan pelayanan prima dengan predikat A dari Kemenpan RB

Polresta Malang Kota
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, saat menunjukkan piagam Penghargaan Predikat Pelayanan Prima Tahun 2020 yang diterima dari Kemenpan RB. 

Reporter : Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - Setelah dilakukan penilaian yang cukup lama, Polresta Malang Kota berhasil meraih penghargaan pelayanan prima dengan predikat A dari Kemenpan RB pada Selasa (16/2/2021) lalu.

Penghargaan tersebut diberikan, setelah tim penilai dari Kemenpan RB melihat berbagai inovasi pelayanan masyarakat Polresta Malang Kota, salah satunya yaitu pelayanan Satpas SIM dan pelayanan SKCK.

Meski telah meraih penghargaan tersebut, Polresta Malang Kota terus berkomitmen untuk menjaga kualitas pelayanan.

"Kami menyadari, bahwa meraih lebih mudah daripada mempertahankan. Oleh karena itu kami punya komitmen, dan kami berharap komitmen itu dimiliki oleh seluruh anggota Polresta Malang Kota, khususnya yang berada di sentra pelayanan kepolisian. Dan komitmen yang harus kami lakukan adalah, tetap selalu menjaga kualitas pelayanan," ujar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata kepada TribunJatim.com, Rabu (17/2/2021).

Ia menjelaskan kunci untuk menjaga kualitas pelayanan yang baik dan benar, yaitu dengan tidak melakukan pungli, tidak memberikan pelayanan yang berbelit, serta melayani masyarakat dengan sebaik mungkin.

"Oleh karenanya di pelayanan kami, pembayaran sebagian besar memakai cashless payment (pembayaran non tunai). Jadi tidak memakai uang tunai yang diberikan kepada petugas. Hal itu kami lakukan, sebagai upaya agar tidak terjadi pungli," terangnya.

Dirinya juga menerangkan, selain mempertahankan kualitas pelayanan, pihaknya juga akan terus meluncurkan beragam inovasi pelayanan masyarakat.

Dan contoh inovasi pelayanan masyarakat yang telah diluncurkan, adalah aplikasi Jogo Malang dan Arema Police Sobo Kelurahan.  

Dalam aplikasi Jogo Malang, terdapat fitur panic button on hand, polisi RW, aplikasi Kampung Tangguh, E - SKCK, E - SPKT, E - SIM, dan layanan Wadul. 

Sedangkan untuk layanan Arema Police Sobo Kelurahan, merupakan layanan kepolisian yang akan berkeliling dan berhenti di setiap kelurahan yang ada di Kota Malang.

Ada tiga kendaraan layanan Arema Police Sobo Kelurahan, yaitu Bus Arema Police Sobo Kelurahan, bus SIM Keliling, dan kendaraan Samsat Keliling.

Di dalam Arema Police Sobo Kelurahan itu, masyarakat bisa menikmati beragam layanan dari Polresta Malang Kota, yaitu perpanjangan SIM A dan C, perpanjangan SKCK, pelayanan laporan kehilangan, dan pembayaran pajak tahunan bagi kendaraan roda dua dan empat.

"Inovasi yang kami lakukan tidak hanya yang bersifat IT, seperti aplikasi Jogo Malang. Tetapi kami juga mengembangkan inovasi pelayanan publik non IT, seperti Arema Police Sobo Kelurahan tersebut. Dan kami akan terus mengembangkan berbagai inovasi pelayanan masyarakat. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh bapak Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang menginginkan pelayanan kepolisian semudah seperti memesan pizza," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved