Breaking News:

Berita Probolinggo Hari Ini

PLN Lakukan Pemeliharaan Jaringan Transmisi 500 kV Tanpa Padam

PT PLN dari Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur Bali (UIT JBTB) melakukan pemeliharaan material di tiga menara jaringan transmisi 500 kiloVolt (kV)

PLN UIT JBTB
Kegiatan pemeliharaan jaringan yang dilakukan tim PDKB tanpa ada pemadaman listrik pada pelanggan. 

SURYAMALANG.COM, PROBOLINGGO - PT PLN dari Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur Bali (UIT JBTB) melakukan pemeliharaan material di tiga menara jaringan transmisi 500 kiloVolt (kV) yang berlokasi di Probolinggo, Jawa Timur.

Pemeliharaan dilakukan dalam kondisi listrik bertegangan, oleh tim Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) selama 23 jam.

"Adanya pemeliharaan dan penggantian material pada transmisi ini diharapkan dapat meningkatkan keandalan penyaluran tenaga listrik dari Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Paiton ke GITET Grati yang memasok listrik ke Jatim bagian Barat hingga sebagian Jateng," jelas Suroso, General Manager PLN UIT JBTB, Sabtu (20/2/2021).

Berkat Tim PDKB ini, aliran listrik ke pelanggan tetap andal dan pelanggan tetap dapat menggunakan listrik meskipun harus dilakukan pemeliharaan.

Suroso menambahkan, pemeliharaan transmisi di Probolinggo harus dilakukan akibat cuaca ekstrim yang terjadi beberapa waktu terakhir.

“Beberapa waktu lalu di Probolinggo memang terjadi hujan lebat serta petir, sehingga terdapat 3 menara kami yang harus kami lakukan pemeliharaan agar keandalannya tetap terjaga,” lanjutnya.

Beberapa material seperti isolator yang terkena sambaran petir pun sudah dilakukan penggantian oleh Tim PDKB. Ada13 personel PDKB yang dikerahkan oleh PLN guna merampungkan pekerjaan tanpa mengganggu penyaluran tenaga listrik.

Fokus mereka pada proses penyaluran tenaga listrik bertegangan tinggi dan ekstra tinggi. Sehingga keandalan pada sisi transmisi, yaitu SUTT dan SUTET bisa tetap terjaga.

"PLN juga terus berupaya agar pendistribusian listrik ke pelanggan tidak mengalami kendala,” tandas Suroso.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved