Breaking News:

Foto Presiden Jokowi Hujan-hujanan di Sawah Jadi Sorotan, Dorong Kawasan Food Estate di Sumba Tengah

Foto-foto Presiden Joko Widodo menyusuri persawahan, di tengah hujan petir saat meninjau lahan food estate di

Editor: Adrianus Adhi
Kementerian Pertanian
Foto Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri mengamati sawah di kawasan food estate atau lumbung pangan di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana, Kabupaten Sumba Tengah 

SURYAMALANG.com - Foto-foto Presiden Joko Widodo menyusuri persawahan, di tengah hujan petir saat meninjau lahan food estate di Desa Makata Keri, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2/2021) siang menjadi perbincangan di media sosial.

Itu karena Presiden Jokowi berbasah-basahan saat masuk ke sawah di tengah hujan. Dalam foto yang SURYAMALANG.com terima, baju Presiden sampai basah kuyup.

Dalam foto tersebut, Jokowi tidak sendiri. Dia juga bersama sejumlah pejabat terkait seperti Gubernur NTT, Viktor Laiskodat juga Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, juga Menteri Informatika Johhny G Plate.

"Sepagi ini saya telah meninggalkan Jakarta menuju Nusa Tenggara Timur untuk kunjungan selama sehari.

Saya hendak ke dua lokasi di provinsi itu, yakni meninjau kawasan lumbung pangan di Kabupaten Sumba Tengah dan meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka," cuit Jokowi melalui akun Twitternya sebelum sampai NTT.

"Hujan lebat di Desa Makata Keri, Sumba Tengah, saat saya datang meninjau lumbung pangan baru di NTT ini, siang tadi," kata Jokowi saat sampai di lokasi.

"Luasnya 5.000 ha untuk padi dan jagung. Kendalanya hanya soal ketersediaan air. Untuk itulah pemerintah membangun ratusan sumur bor dan beberapa embung di sana," kata Jokowi.

"Saya menginstruksikan Menteri PUPR melihat potensi pembangunan bendungan, dan Menteri Pertanian memberi bantuan alat mesin pertanian kepada petani setempat.

Dengan food estate di Kalteng, Sumut, dan NTT ini, akan terbangun ketahanan pangan yang baik di negara kita," tandasnya.

Sekadar diketahui, foto-foto tersebut dalam rangka pengembangan kawasan food estate seluas 5.000 hektar (ha) pada tahun lalu yang ditingkatkan menjadi 10.000 ha tahun 2021.

Hal itu dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Food estate di Sumba Tengah baru kita siapkan memang baru 5.000 hektar, di mana 3.000 hektarnya
ditanami padi dan 2.000 hektranya jagung.

Tapi tahun ini kita perluas lagi menjadi 10.000 hektar, nantinya dibagi 5.600 hektar untuk padi dan 4.400 hektar ditanami jagung," ujar Jokowi dalam kunjungan tersebut.

Nah, saat tiba di lokasi food estate awalnya rombongan Presiden disambut dengan hujan lebat disertai petir.

Tak mau hanya berdiam di mobil, Jokowi juga turun dan berjalan sendirian ke tengah persawahan dengan membawa payung.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved