Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Kepala Dinkes Kabupaten Malang Beri Prioritas Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Masyarakat lanjut usia (lansia) di Kabupaten Malang masuk ke dalam prioritas penerima vaksin Covid-19

SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Bupati Malang terpilih, Sanusi vaksinasi Covid-19 pertama di RSUD Kanjuruhan, Kamis (18/2/2021). Pria berusia 60 tahun ini merasa belum ada efek samping berat vaksin covid-19 Sinovac 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Erwin Wicaksono
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Masyarakat lanjut usia (lansia) di Kabupaten Malang masuk ke dalam prioritas penerima vaksin Covid-19.

Ada 4.000 dosis vaksin covid-19 akan dialokasikan oleh Dinas Kesehatan bagi lansia.

Arbani mengatakan jika Dinkes Kabupaten Malang telah bekerjasama dengan BPJS Malang untuk menentukan siapa saja yang bakal divaksin terlebih dahulu.

"Dalam pendataan kami akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Lemudian peserta akan masuk dalam aplikasi dan vaksinasinya akan disesuaikan dengan Faskes (fasilitas kesehatan) terdekat," terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo ketika dikonfirmasi pada Kamis (25/2/2021).

Arbani menegaskan, screening atau pemeriksaan kesehatan bagi lansia akan dilakukan secara ketat.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari resiko buruk efek samping penyakit penyerta alias komorbid.

Sementara itu, Arbani menyatakan jika Dinkes Kabupaten Malang tetap menggunakan vaksin Sinovac untuk sasaran penerima vaksin setelah tenaga kesehatan. Termasuk lansia.

Mantan Direktur Utama RSUD Lawang itu menerangkan, faktor resiko bisa diperkecil jika penggunaan vaksin Sinovac digunakan dengan hati-hati.

"Secara medis vaksin Sinovac ini aman bagi lansia. Namun kita harus tetap waspada. Untuk komorbid terkontrol mungkin aman, tapi untuk komorbid tidak terkontrol saya himbau untuk nakes vaksinator screening harus benar-benar ketat," pesannya.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Erwin
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved