Gaya Kahiyang Ayu Saat Pelantikan Suami Jadi Wali Kota Dipuji Desainer, Intip Juga Gaya Selvi Ananda

Potret gaya Kahiyang Ayu saat pelantikan suaminya Bobby Nasution menjadi Wali Kota Medan sukses mencuri perhatian. 

Penulis: Frida Anjani | Editor: Adrianus Adhi
Tribunnews
Potret Kahiyang Ayu dan Selvi Ananda 

SURYAMALANG.COM - Potret gaya Kahiyang Ayu saat pelantikan suaminya Bobby Nasution menjadi Wali Kota Medan sukses mencuri perhatian. 

Tak terkecuali seorang desainer puji gaya Kahiyang Ayu saat datang di pelantikan Wali Kota Medan, jumat (26/2/2021). 

Desainer senior, Merdi Sihombing memberikan pujiannya kepada Kahiyang Ayu dalam urusan berpenampilan.

Penilaian tersebut, Merdi sampaikan kepada putri Presiden Jokowi itu lantaran berhasil mencuri perhatian saat menemani sang suami, Bobby Nasution dilantik sebagai Wali Kota Medan, Jumat (26/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kahiyang Ayu menggunakan kain Sadum Sipirok dari Tapanuli Selatan berwarna paduan merah dan putih

Intip perbedaan Selvi Ananda dan Kahiyang Ayu saat jadi Ibu Wali Kota
Intip perbedaan Selvi Ananda dan Kahiyang Ayu saat jadi Ibu Wali Kota (SURYAMALANG.COM/Instagram @gus_raharjo/@pencintaulos)

Kondisi Ashanty Terkini Sedang Isolasi Mandiri, Istri Anang Hermansyah Lolos Masa Kritis Covid-19

Keselamatan Mobil Rp 15 M Ayu Ting Ting Jadi Sorotan, Buntut Lokasi Rumah Mewahnya di Gang Sempit

Hidup Dede Sunandar Setelah Jadi Artis Makin Menderita, Terpaksa Gadaikan Cincin Demi Tuntutan Nama

Pantas Sakit Nia Ramadhani Makin Parah, Theresa Wienathan Bongkar Ulah Bandel Bosnya: Dia Curang

"Itu baju kurung dengan menggunakan kain Sadum Sipirok dari Tapanuli Selatan yang dibuat dalam bentuk setelan, jadi pengembangan dari ulos Parompa Sadum untuk keperluan fashion," ungkap Merdi, Jumat (26/2/2021).

Tampil secara anggun, Merdi menuturkan bahwa penampilan Kahiyang menggunakan setelan etnik dari Sipirok ini dinilai sebagai bentuk representatif khas wanita Sumatera.

x
x ()

Merdi Sihombing (pakai ikat kepala) (HO/Tribun Medan)

"Penggunaan model ini ingin melambangkan benar-benar orang Sumatera. Orang Sumatera ini terutama Tapanuli Utara, Selatan yang memang tradisinya ini penggunaan baju kurung karena kan kita ini Melayu ya. Ini sudah benar sekali dengan merepresentatifkan perempuan dari Sumatera khususnya Sipirok, Tapanuli Selatan," ujarnya.

Terkait kain Sadum Sipirok ini, Merdi menjelaskan, setelan ini sering digunakan saat momen bahagia ataupun dalam acara adat yang menyiratkan rasa bahagia.

"Untuk acara kebahagiaan atau adat. Perempuan Sumatera memang harus pakai bajunya yang baju kurung begini. Bisa dikatakan ini melambangkan kebahagiaan karena

bukan hanya dibuat khusus orang Tapanuli, entah dia Toba, Simalungun, Karo. Apalagi saat momentum yang tepat sekali ketika suaminya dilantik menjadi kepala pemerintahan di kota Medan," tutur Merdi.

Merdi menilai, Outfit yang dipakai Kahiyang ini sebagai bentuk untuk memperkenalkan kain khas daerah selain motif ulos yang sudah familiar di kalangan masyarakat.

Bahkan, Merdi menuturkan bahwa kain Sadum Sipirok ini bisa menjadi tren di kemudian hari.

x
Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu saat dampingi suaminya di acara pelantikan Wali Kota Medan, Jumat (26/2/2021). (TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI )
Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved